SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

SOLO--Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo mempersiapkan agenda spektakuler Solo International Expo, yang bakal diselenggarakan tahun 2013.

Promosi BRI Peduli Salurkan Bantuan bagi Warga Terdampak Banjir di Sumbar dan Jabar

Ketua Kadin Solo, Sri Haryanto MT  yang akrab disapa Pak Gareng menyampaikan saat ini Kadin masih menggodog konsep penyelenggaraan Solo International Expo tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Hanya saja, menurut Gareng, expo tersebut akan menjadi expo akbar karena melibatkan seluruh potensi produk lokal Solo dan menghadirkan buyer dari negara asing. Expo tersebut, bahkan rencananya akan diselenggarakan selama satu bulan penuh.

“Waktunya masih kami bahas. Tapi kemungkinan besar pada saat low season,” kata Gareng, saat ditemui Solopos.com, di Pose In Hotel, akhir pekan kemarin.

Waktu penyelenggaraan Solo International Expo lebih memilih pada saat low season untuk menjaga kestabilan tingkat kunjungan wisatawan ke Solo mengingat sejumlah event besar Solo banyak digelar pada peak season.  Gareng menambahkann, pada helatn itu akan dipamerkan seluruh potensi Kota Solo yang layak tampil di pasar global.

“Nanti produk-produk yang bisa ikut pada expo tersebut akan kami seleksi. Jadi kesannya tidak seperti pasar malam. Karena, pada expo tersebut kami ingin mendatangkan buyer dari berbagai negara, sebanyak-banyaknya.”

Pihaknya berharap, dari penyelenggaraan expo ini, UKM-UKM yang punya produk potensial tidak perlu repot-repot ikut pameran ke luar negeri. Sementara lantaran event yang dibuat dalam kapasitas besar dan bertaraf Internasional, lanjut Gareng, Solo International Expo ini kemungkinan diselenggarakan di tiga tempat.

“Sebenarnya kami butuh ruang pameran seluas 10 hektar. Tapi Solo tidak punya lahan seluas itu untuk pameran. Jadi, kemungkinan di tiga tempat, Benteng Vastenburg, Keraton Solo dan Mangkunegaran.”

Penyelenggaraan selama satu bulan penuh, kata Gareng, juga akan dikombinasikan dengan gelaran Solo Great Sale. Solo Great Sale akan mengajak seluruh penggiat hotel, restoran, tempat wisata hingga pusat belanja dan pusat oleh-oleh untuk menggelar great sale bersamaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya