SOLOPOS.COM - Pengunjung memilih busana batik pada Finance & UMKM Expo 2017 di Ciputraland Mal, Semarang, Kamis (2/3/2017). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Kadin menyarankan pengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Jateng berbasis potensi, bukan lagi berdasarkan instruksi.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah berharap pemerintah mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berdasarkan potensi sehingga hasilnya lebih optimal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Selama ini pengembangan UMKM masih berdasarkan instruksi dan bukan potensi sehingga hasilnya kurang optimal,” kata General Manager Trade Training and Information Center (TTIC) Kadin Jateng Gendut Marjoko di Kota Semarang, Minggu (30/7/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Marjoko mengatakan potensi ini artinya sesuai dengan sumber daya alam yang tersedia. Dengan demikian, pelaku UMKM Jateng tidak akan kesulitan saat melakukan produksi karena bahan baku sudah disediakan oleh alam sekitarnya.

Menurut dia, Kadin Jateng memandang cara itu lebih mudah dilakukan jika dibandingkan program pengembangan UMKM yang dilakukan berdasarkan instruksi pemerintah. Ia mencontohkan di satu sisi selama ini pemerintah menginstruksikan pelaku UMKM agar mengembangkan batik dengan kekhasan masing-masing daerah. Di sisi lain, besarnya hasil produksi ini tidak diimbangi dengan pasar yang jelas.

“Justru pasar ini yang sulit karena saat ini terlalu banyak produsen batik yang ada di Jawa Tengah,” katanya.

Ia mengatakan Kadin Jateng banyak melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM batik dan rata-rata pelaku yang baru merintis usaha ini membutuhkan waktu sekitar dua tahun untuk kemudian bisa mandiri baik dari sisi produksi maupun pemasaran.

Diakuinya, saat ini pengembangan UMKM penting dilakukan Jateng mengingat kondisi pasar maupun iklim usaha belum mendukung pertumbuhan usaha skala besar. “Justru UMKM inilah yang mampu bertahan dan bersaing di tengah kondisi seperti ini, selain karena lebih fleksibel dengan pasar yang ada, dari sisi ‘maintenance’ juga lebih mudah,” kata tokoh Kadin Jateng itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya