SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengurus Kadin Solo (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)

Pelantikan Kadin Solo (JIBI/SOLOPOS/Hijriyah Al Wakhidah)

SOLO — Ketua Kadin Jateng, Kukrit Suryo Wicaksono mengingatkan organisasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bukan tempat para pengusaha mencari proyek. Kadin juga bukan tempat untuk cari popularitas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Peringatan ini dia sampaikan dihadapan pengurus Kadin Solo periode 2012-2017 yang baru saja dilantik, di Pendapi Gede Balaikota Solo, Sabtu (30/9/2012) malam.

“Saya ingatkan lagi, Kadin bukan tempat cari proyek. Kadin juga bukan tempat cari popularitas. Kadin adalah organisasi aspirasi bukan organisasi profesi. Maka Kadin harus bisa menjadi gudang solusi dan mendukung penuh pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal,” kata Kukrit.

Dia mengatakan, saat ini ekspektasi dunia usaha terhadap organisasi Kadin terutama Kadin Solo sangat tinggi. Menurut dia, dengan adanya fenomena Joko Widodo (Jokowi) yang menang sebagai Gubernur DKI maka akan membuat dunia usaha tingkat nasional semakin menyoroti Kota Solo. Ke depan, Kadin harus punya peran penting dalam menciptakan iklim investasi yang baik khususnya di Solo.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Walikota (Wawali) Solo, FX Hadi Rudyatmo meminta Kadin harus punya peran penting dalam menumbuhkan ekonomi lokal. Dengan tegas Wawali pun meminta pengurus Kadin 2012-2017 yang diketuai Sri Haryanto MT (Gareng) benar-benar mau mendengar suara pelaku usaha di tingkat bawah.

“Intinya Kadin harus mau mendengar, mau melihat kebawah sehingga tahu apa yang harus dieksekusi dan yang penting mau berbuat untu masyarakat.”

Wawali menyampaikan demikian, karena dia banyak menerima keluhan dari para UKM yang jarang memperoleh kesempatan untuk unjuk gigi atau ikut serta pameran-pameran yang difasilitasi asosiasi usaha.

Sementara itu, Ketua Kadin Solo terpilih, Gareng mengatakan Kadin ke depan akan fokus mensinergikan peran swasta ini dengan lembaga BUMN dan BUMD, terutama untuk memajukan perekonomian Solo. Dia juga ingin agar seluruh pengusaha di Solo aktif sebagai anggota Kadin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya