SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan kepala desa atau pilkades. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Karanganyar segera menunjuk penjabat (Pj) kepala Desa (kades) Tlobo, Kecamatan Jatiyoso.

Kepala Dispermades Kabupaten Karanganyar, Agus Heri Bindarto, menyampaikan itu saat berbincang dengan wartawan. Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Desa Tlobo, Heri Waluyo, meninggal pada Selasa (3/11/2020) pukul 23.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Heri meninggal saat mendapat perawatan di RSUD dr. Moewardi Solo karena penyakit diabetes, paru-paru, dan pembengkakan jantung. Satgas Covid-19 Kabupaten Karanganyar menerima informasi Heri menjalani tes swab saat dirawat. Heri dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pada Sabtu [31/10/2020].

Kades Tlobo Jatiyoso Meninggal Positif Covid-19, 25 Kontak Erat Dites Swab

"Secepatnya kami persiapkan Pj kades. Nanti dari kecamatan [Jatiyoso]. Yang longgar, bisa sekcam [sekretaris camat], atau kasi [kepala seksi]," ujar Agus saat berbincang dengan wartawan di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (5/11/2020).

Agus juga membicarakan rencana jangka panjang yakni melakukan pemilihan kepala desa antarwaktu di Tlobo. Salah satu pertimbangan masa jabatan yang tersisa empat tahun lebih. "Nanti mungkin dilakukan mekanisme antarwaktu. Kades yang meninggal ini kan ikut pilkades serentak Februari 2019. Secepatnya akan kami lakukan," jelas dia.

Data yang dihimpun Solopos.com, Heri terpilih menjadi Kades Tlobo dengan mengantongi 1.101 suara dalam pilkades serentak gelombang kedua 2019 pada Rabu (20/2/2019). Sebanyak 145 desa menyelenggarakan pilkades kala itu.

Pemakaman Covid-19 di Karanganyar Meningkat dalam Dua Pekan Terakhir

Opsi Pemilihan Kades Antarwaktu

Agus juga memberikan informasi bahwa Desa Tlobo akan melaksanakan pengisian perangkat desa tahun ini. Pemkab Karanganyar memberikan batas waktu pengisian perangkat desa hingga Desember 2020. "Pengisian perangkat itu sekretaris desa kosong. Kami cek apakah sudah diusulkan pengisian tahun ini atau belum. Makanya kan harus segera ditunjuk Pj kades atau menggunakan mekanisme pengisian antarwaktu tadi," ungkap dia.

Selain Desa Tlobo, Agus menyebut Desa Girimulyo di Kecamatan Ngargoyoso juga akan melaksanakan mekanisme pengisian kades antarwaktu. Kades Girimulyo, Suparno, terjerat kasus korupsi pada akhir 2019. Suparno juga terpilih melalui pilkades serentak gelombang dua pada 2019.

"Girimulyo juga akan kami lakukan pengisian antarwaktu. Kebutuhan mendesak ya meskipun kondisi dua desa itu berbeda. Kades Tlobo meninggal sedangkan Kades Girimulyo berkasus hukum."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya