SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)--Kepala Desa (Kades) Ngolodono, Kecamatan Karangdowo, Sugiman dilaporkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten, Rabu (14/4), atas dugaan korupsi alokasi dana desa (ADD) 2008. Bantuan ADD senilai total Rp 57,4 juta yang seharusnya digunakan untuk pembangunan desa, sekitar Rp 7,9 juta di antaranya disinyalir diselewengkan untuk kepentingan pribadi.

Pelapor, Jumadi, warga Ngolodono, mengatakan, ADD 2008 sesuai musyawarah antara aparat desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat seharusnya dialokasikan untuk rabat atau pembangunan cor beton di Dukuh cangakan senilai Rp 8,6 juta dan Dukuh Bitaran Rp 9,5 juta. Selain itu, ADD dipakai untuk pembinaan karang taruna Rp 800.000 dan sisanya dimasukkan dalam kas desa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tapi belakangan diketahui kalau uang yang diberikan kepada penanggung jawab proyek tak sesuai dengan jumlah yang disepakati,” urainya di Kantor Kejari. Menurutnya, dana rabat cor beton di Cangakan hanya diserahkan Rp 6 juta sedangkan di Bitaran diberikan Rp 5 juta. Sementara, dana karang taruna diketahui tak tersalurkan.

Sementara, Kades Ngolodono, Sugiman saat dimintai konfirmasi membantah tuduhan tersebut. Menurutnya, bantuan ADD digunakan sesuai peruntukannya dan sudah dipertanggungjawabkan dalam rapat desa. “Pada saat rapat pertanggungjawaban ADD, lima dari sembilan anggota BPD sudah menyetujui sedangkan sisanya termasuk Pak Jumadi tidak bersedia menandatanganinya,” jelasnya.

Menurut Kades, pihaknya telah berupaya menyelesaikan persoalan tersebut dengan minta difasilitasi oleh Camat Karangdowo. Sebab menurutnya, masalah itu mencuat lantaran beda pendapat semata. Namun sampai saat ini, belum ada titik temu. Terkait laporan yang disampaikan ke Kejari, Sugiman mengatakan hal itu merupakan hak pelapor.

rei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya