Kades Karangtengah Digerebek Warga di Rumah Selingkuhan, Ini Tanggapan Pemkab Wonogiri
Kades di Wonogiri yang dihajar massa setelah tepergok di rumah selingkuhan, Kamis (26/3/2020) tengah malam. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Pemkab Wonogiri belum memberikan sanksi kepada Kepala Desa atau Kades Karangtengah, Kecamatan Karangtengah, Bambang Daryono, yang digerebek warga di rumah selingkuhannya, Kamis (26/3/2020) tengah malam lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Wonogiri, Narso, kepada Solopos.com, Senin (30/3), menyampaikan meski sudah dilaporkan ke polisi dan Dinas PMD, Kades Karangtengah saat ini tetap bekerja seperti biasa.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Camat Karangtengah sudah meminta klarifikasi kepada kades bersangkutan. Hanya, dia belum dapat menyampaikan hasil klarifikasi itu.

3 Orang Sembuh, Tak Ada Lagi Pasien Positif Corona di RSUD dr Moewardi Solo

Selain itu Camat memberi pembinaan terhadap Kades Karangtengah yang digerebek warga tersebut. Narso meyakini setiap kades atau perangkat desa memahami betul aturan yang mengikat mereka selaku pamong desa yang meliputi tugas, kewajiban, dan larangan.

Pemkab Tunggu Perkembangan Kasus di Kepolisian

Dinas PMD pun sudah sering membina para pamong desa agar tak melanggar aturan. “Kami tak bisa serta merta memberi sanksi. Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui sebelum sanksi dikenakan. Yang jelas kami menunggu perkembangan penanganan perkara oleh polisi dulu,” kata Narso saat dihubungi Solopos.com.

Harga Termometer Tembak Mahal, Siswa SMKN 2 Wonogiri Produksi Sendiri

Penelusuran Solopos.com dalam UU No. 6/2014 tentang Desa, kades wajib memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat. Kades juga dilarang melakukan tindakan yang meresahkan masyarakat.

Kades yang tak melaksanakan kewajiban dan melanggar larangan dapat diberhentikan sementara. Hal itu sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Wonogiri No. 46/2018 tentang petunjuk pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) Pemilihan Pengesahan Pengangkatan Pelantikan dan Pemberhentian Kades.

Penerbangan Bandara Adi Soemarmo Solo Bertambah, Nam Air Buka 4 Rute ke Luar Jawa

Sebelumnya diberitakan, Kades Karangtengah, Bambang Daryono digerebek warga saat bertandang ke rumah selingkuhannya di Dusun Manggis, Desa Temboro, Karangtengah, Kamis tengah malam.

Tak hanya digerebek, Bambang juga jadi bulan-bulanan warga. Dia ditangkap warga beramai-ramai, tangannya diikat, dan dipukuli hingga babak belur.

Bambang kemudian dilaporkan ke polisi atas kasus perzinaan. Di sisi lain, Bambang juga melaporkan warga yang mengeroyoknya ke polisi.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho