SOLOPOS.COM - Koordinator Kaukus Muda PKS Solo, Didik Hermawan (kanan) berfoto bersama Gibran Rakabuming Raka usai Ngopi Bareng Gibran di Haluan Kopi BTC, Selasa (10/3/2020) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Sikap kader Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Solo pecah dalam Pilkada serentak tahun 2020. Kader muda PAN dan PKS sebagian dukung Gibran Rakabumung Raka di Pilkada Solo 2020

Ketua DPD PAN Solo, Achmad Sapari menyatakan akan mendukung pencalonan Achmad Purnomo oleh PDIP. Meski begitu, ada beberapa pengurus partai yang justru menemui cawali lain dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pilkada Solo: Akhir Saga Gibran & Purnomo Selama 6 Bulan, Siapa Kantongi Rekomendasi PDIP?

Informasi itu disampaikan Sekretaris DPW PAN Jawa Tengah (Jateng), Umar Hasyim, di Warung Makan Pecel Madiun, di Kerten, Laweyan, Solo, Rabu (11/3/2020). Umar juga Ketua MPP PAN Solo.

“Desk Pilkada DPD PAN Solo sudah bergerak, sudah pendekatan ke tokoh-tokoh yang muncul, termasuk ke Gibran. Kami ada pendekatan ke sana. Artinya PAN masih sangat cair, terbuka untuk semua kemungkinan,” ujar dia.

Menurut Umar sah-sah saja setiap kader PAN untuk melakukan pendekatan (komunikasi) politik dengan parpol atau figur-figur yang muncul. Sebab pada akhirnya nanti sikap partai akan ditentukan melalui rapat pengurus DPD Solo.

Final! PDIP Kantongi Rekomendasi Calon di Pilkada Solo, Gibran atau Purnomo?

“Untuk menentukan sikap PAN apakah mau bergabung dengan PDIP atau membangun koalisi gabungan parpol itu nanti diputuskan dalam rapat DPD Solo. Sebelum ada rapat itu, komunikasi kami jalin dengan semua,” imbuh dia.

Sikap Kader Muda

Umar menyarankan agar saat rapat DPD PAN Solo untuk menentukan sikap dalam Pilkada 2020 juga melibatkan unsur DPD PAN Jateng. Tujuannya agar setiap keputusan yang diambil tidak mengalami masalah dalam penerapannya.

“Selain rapat pengurus harian menentukan sikap politik, PAN mempunyai mekanisme rapat pleno yang diperluas untuk menentukan figur-figur yang akan diusung sebagai cawali-cawawali Solo. Rapat dipimpin DPW Jateng,” kata dia.

Rudy: Puguh Pasti Menang Pilkada Solo 2020

Disinggung adanya pernyataan selama ini yang menyebutan PAN Solo mendukung sosok Achmad Purnomo sebagai cawali Solo dari PDIP, Umar menegaskan hal itu baru sikap kader secara pribadi, belum sikap resmi PAN Solo.

“Secara institusional partai, PAN belum menentukan sikap politik dan menentuka figur yang akan diusung atau didukung. Sikap politik yang sudah disuarakan sebelumnya sebatas pandangan pribadi kader PAN Solo,” sambung dia.

Kondisi serupa dialami PKS Solo. Kendati secara resmi DPD PKS Solo sudah menetapkan tiga kader sebagai figur potensial cawali/cawawali berdasarkan mekanisme penjaringan, tapi Kaukus Muda PKS Solo terus merapat dukung Gibran di Pilkada 2020.

PAN Dukung Gibran di Pilkada Solo, Titah Amien Rais?

Yang terbaru, pada Selasa (10/3/2020) malam Koordinator Kaukus Muda PKS Solo, Didik Hermawan menghadiri kegiatan Ngopi Bareng Gibran Rakabuming di Haluan Kopi di Kompleks Beteng Trade Center (BTC) Pasar Kliwon.

Kepada Solopos.com Didik menyatakan Kaukus Muda PKS memang mengusulkan agar DPD PKS Solo mengusung/mendukung Gibran sebagai cawali Solo. Usulan tersebut akan disampaikan secara resmi kepada DPD dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya