SOLOPOS.COM - Kacamata Mahatma Gandhi (BBC)

Solopos.com, BRISTOL -- Sepasang kacamata Mahatma Gandhi telah terjual seharga £260.000 atau sekitar Rp5 miliar. Kacamata ini awalnya ditemukan  Staf East Bristol Auction mencuat di tengah kotak surat, Senin (10/8/2020) pagi waktu setempat.

Dilansir BBC, Sabtu (22/8/2020), juru lelang Andrew Stowe mengatakan kacamata tersebut diperkirakan harganya lebih dari 15.000 poundsterling atau sekitar Rp289 juta. Kacamata ini adalah penemuan paling penting dalam sejarah perusahaan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Quotes Julid Bu Tejo di Filim Tilik yang Bikin Geregetan

Tak heran jika rumah lelang East Bristol Auctions seolah mendapat durian runtuh. Pemilik kaca mata itu hampir mengalami serangan jantung ketika diberi tahu nilainya.

Menurut keterangan rumah lelang tersebut, pemilik kacamata ini adalah seorang pria tua dari Mangotsfield. Kaca mata itu hanya diletakkan dalam amplop putih polos. Kacamata itu ditinggalkan pada jumat malam dan tidak diambil hingga Senin pagi berikutnya.

"Salah seorang staf menyerahkannya kepada saya dan berkata ada catatan yang mengatakan bahwa itu adalah kacamata Mahatma Gandhi", ungkap Andrew Stowe dalam wawancara dengan BBC.

Pesawat BJ Habibie Nyangkut di Gardu Tol Semarang

Kacamata Ghandi

Setelah diselidiki lebih lanjut, pemilik itu juga memberikan keterangan. Kacamata ini telah diturunkan dari generasi ke generasi, setelah seorang kerabatnya bertemu Gandhi dalam kunjungan ke Afrika Selatan pada tahun 1920-an.

Rumah lelang ini memeriksa tanggalnya dan semua cocok. Bahkan hingga tanggal Gandhi mulai memakai kacamatanya. Ini mungkin salah satu kacamata pertama yang Gandhi pakai.

Tepat pada tanggal 21 Agustus 2020, kacamata berbingkai melingkar berlapis emas itu telah dibeli oleh seorang kolektor Amerika, setelah enam menit proses penawaran. Tidak hanya menjadi rekor baru lelang Bristol Timur, tetapi kacamata ini juga menjadi penemuan penting sejarah internasional.

Kacamata yang diperkirakan akan terjual seharga 15.000 poundsterling itu tidak disangka terjual seharga 260.000 poundsterling, atau sekitar lima miliar rupiah.

Wajib Tahu! Ini 15 Tanda Kamu Ditaksir Jin...

"Kacamata ini telah disimpan di laci selama lima puluh tahun terbaik. Pria pemilik kacamata ini benar benar menyuruh saya membuangnya, jika tidak bagus. Setelah kacamata itu dilelang ia mendapat sejumlah uang yang bisa mengubah hidupnya" kata Andrew Stowe.

Indah Pranataning Tyas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya