SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan pesawat dari Australia yang didatangkan nantinya akan membantu mengatasi pemadaman kebakaran hutan di beberapa provinsi yang terdapat titik api. Kebakaran hutan telah membuat kabut asap menyelimuti Sumatra dan berpotensi mengganggu negara tetangga.

“Selain pesawat dari Australia, pemerintah juga menerjunkan beberapa helikopter dan pesawat Hercules untuk kegiatan operasi udara,” kata Kepala Humas BNPB Pusat, Sutopo, di Jakarta, Minggu (21/9/2014), dikutip Antara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan pesawat dari Australia itu dijadwalkan datang ke Indonesia di Palembang pada Selasa (30/9/2014) depan guna melakukan operasi udara berupa pemboman air di wilayah tersebut. Bukan itu saja pesawat itu nanti juga akan melakukan pemboman air di dua lainnya seperti Jambi dan Riau karena juga terdapat kebakaran hutan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pesawat Australia itu juga akan dibantu helikopter Kamov dari Riau yang akan dipindahkan ke Palembang apabila nanti diperlukan untuk mengatasi titik api. Ada dua pesawat Australia yang datang untuk membantu pemadaman api akibat kebakaran hutan di Palembang, dua pesawat itu jenis pesawat Amphibi Air Tractor,” tuturnya.

Saat ini pesawat Hercules milik TNI AU juga ikut melakukan operasi udara dan pihak BPPT juga akan melakukan operasi hujan buatan hingga Oktober 2014 sesuai kebutuhan.Operasi udara berupa pemboman air juga akan diperkuat dengan mendatangkan dua helikopter jenis Kamov dari Johor Baru yang akan tiba di Kota Palembang pada Minggu (29/9/2014).

“Semua kinerja kami maksimalkan untuk melakukan pemadaman api akibat hutan dan lahan agar tidak semakin meluas dan api tidak merambah ke daerah lain,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya