SOLOPOS.COM - Ilustrasi warga jual oksigen (hangzhouweekly.com)

Solopos.com, GUZHOU – Warga daerah Fanjing, Guzhou, China belakangan resah melihat kabut asap yang terus meliputi China. Warga yang tinggal di daerah bebas polusi ini akhirnya memutuskan untuk menjual oksigen yang dikemas dalam sebuah botol.

Komoditi baru dicetuskan warga di daerah pegunungan Fanjing di Guzhou dan Tianmu di Hangzhou. Warga memanfaatkan bencana kabut asap di sebagian besar kawasan China untuk berdagang oksigen dalam kemasan.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Dilansir Dailymail, Selasa (2/3/2014), kedua kawasan itu memang bebas dari polusi. Belakangan mereka berpikir untuk membuat pariwisata di China ini kembali menggeliat.

Kabut asap yang menyeliputi China akhir -akhir ini mulai memasuki fase yang cukup memprihatinkan. Hal ini tentu saja berpengaruh pada penurunan pendapatan negara di bidang pariwisata. Kebanyakan wisata asing enggan berpergian ke China dalam keadaan kabut asap yang bisa saja merusak pernafasan.

Botol oksigen ini nantinya ditujukan untuk turis asing sebagai salah satu daya tarik tempat wisata di China.

“Udara di gunung Tianmu begitu segar dan mempunyai oksigen sebesar 3300 per kubik centimeter, lebih tinggi dari normalnya,” ungkap salah satu warga di daerah Pegunungan Tianmu. “Oksigen ini bisa membuat kita terhindar dari kelelahan, depresi dan mudah tersinggung.”

Ide berjualan oksigen ini terinpirasi oleh warga Gunung Fuji di Jepang yang terlebih dahulu menawarkan oksigen dalam botol pada wisatawan Asing. Nyatanya hal ini cukup sukses di Fuji. Bahkan wisatawan sudah terlanjur lekat dengan wisata “botol oksigen” ini di Gunung Fuji.

“Wisata Oksigen” di Fanjing dan Tianmu akan mulai dijual pada 20 Juni 2014 mendatang. Belum tau berapa harga yang akan dipatok untuk dapat menikmati oksigen dalam botol ini. Saat ini masih tersedia secara gratis di daerah Hangzhou sebagai bahan promosi kepada turis asing.

Sementara itu presiden China, Xi Jinping, menyambut antusias ide ini dan berencana untuk menjadikan botol oksigen sebagai salah satu aset masa depan. Menurutnya kualitas udara menjadi faktor penentu kebahagiaan seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya