SOLOPOS.COM - Kepulan asap akibat kebakaran di hutan alam. (JIBI/Solopos/Antara)

Kabut asap sebagai dampak kebakaran hutan juga terjadi di kawasan Indonesia timur.

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah pusat dan pemerintah daerah diminta lebih gencar membantu warga yang terkena dampak bencana asap, seiring meluasnya kebakaran hutan di luar Sumatera.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan pemerintah memberi tugas utama kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menangani bencana asap akibat kebakaran hutan.

“Tentu rakyat di sana harus dibantu pemerintah daerah dan pemerintah pusat, meski ini prioritasnya dihitung oleh BNPB [dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah],” jelasnya, Senin (19/10/2015).

Perintah tersebut terlontar menyusul kondisi bencana asap yang semakin menyebar di Indonesia.

“Negeri kita luas sekali, selama ini hanya berfokus di Sumatera dan Kalimantan, ternyata Sulawesi dan Ambon juga [terkena bencana],” kata dia.

Tak hanya di Sumatra dan Kalimantan, kini bencana asap akibat kebakaran hutan juga terjadi di Sulawesi. Titik panas yang ada mencapai 801 hotspot.

Pantauan satelit Terra Aqua pada Senin mendeteksi ada 1.545 hotspot di seluruh Indonesia.

Adapun sebaran hotspot antara lain, Sumatra Selatan mencapai 172 titik, Sumatra Utara 2 titik, Jambi 8 titik, Kalimantan Selatan 22 titik, Kalimantan Tengah 173 titik, Kalimantan Timur 119 titik, Riau 1 titik, Lampung 10 titik, Bangka Belitung 8 titik, Jawa Tengah 1 titik, dan Jawa Timur 4 titik.

Di wilayah Indonesia Bagian Tengah, di antaranya, Sulawesi Barat 57 titik, Sulawesi Selatan 151 titik, Sulawesi Tengah 361 titik, Sulawesi Tenggara 126 titik, Sulawesi Utara 59 titik, dan Gorontalo 47 titik.

Sementara itu, di Indonesia Timur tercatat Papua 52 titik, Maluku 63 titik, Nusa Tenggara Barat 25 titik, Nusa Tenggara Timur 67 titik.

Sebagian besar asap timbul diduga karena adanya kesengajaan pembakaran hutan untuk land clearing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya