SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi berdialog dengan Suku Anak Dalam, saat mengunjungi mereka di Kab. Sarolangun, Jambi, Jumat (30/10/2015) siang. (Istimewa/Setkab.go.id)

Kabut asap membuat Suku Anak Dalam di hutan Jambi, kian terdesak. Presiden Jokowi menemui mereka dan mengobrol di hutan.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan perbaikan layanan yang diberikan kepada Suku Anak Dalam di Jambi, yang juga terkena dampak kabut asap dan kebakaran hutan di Sumatra. Presiden menemui sendiri sejumlah orang Suku Anak Dalam yang tinggal di tengah hutan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim Komunikasi Presiden, Sukardi Rinakit, mengatakan Presiden Jokowi menginginkan perbaikan dari sarana dan prasarana yang telah dibangun pemerintah untuk Suku Anak Dalam. Presiden juga menginginkan pemerintah memberikan perhatian lebih kepada Suku Anak Dalam, karena lingkungan yang selama ini menjadi tempat tinggal suku terdalam tersebut telah berubah menjadi perkebunan kelapa sawit.

Ekspedisi Mudik 2024

Sukardi Rinakit menuturkan pengadaan rumah untuk Suku Anak Dalam juga bertujuan agar suku tersebut mau tinggal dan menetap di satu tempat. Selama ini, Suku Anak Dala tinggal secara nomaden di dalam hutan yang ada di sekita Jambi.

“Mereka [Suku Anak Dalam] mau tinggal di rumah, dengan syarat rumahnya memiliki jarak yang agak jauh, dan ada lahan yang dapat digunakan untuk pertanian atau perkebunan. Presiden pun meminta Menteri Kehutanan bersama Menteri Sosial, Gubernur dan Bupati menyiapkan itu,” katanya di Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Menurutnya, rumah yang dibangun untuk Suku Anak Dalam harus memiliki sarana yang memadai, seperti sumur dan kelistrikan. Selain itu, pemerintah juga harus memikirkan sumber pendapatan dan pendidikan untuk Suku Anak Dalam, agar dapat hidup di tengah masyarakat.

“Presiden menjanjikan akan segera membuat sumurnya. Kemudian listrik, karena dulu sebenarnya sudah ada listriknya, tetapi diputus PLN karena tidak membayar,” ujarnya.

Presiden sendiri secara langsung menemui Suku Anak Dalam di Kabupaten Sorolangu, Jambi, karena mengetahui adanya laporan kesulitan dalam memperoleh makanan dan tempat tinggal.

Dikutip dari rilis Setkab.go.id, Presiden Jokowi memenuhi janjinya untuk mengunjungi Suku Anak Dalam, di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi, Jumat sekitar pukul 15.30 WIB. Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana tiba di lapangan Desa Bukit Suban dengan menggunakan helikopter Superpuma didampingi dua helikopter Bell yang berangkat dari Bandar Udara Sultan Thaha Syarifuddin, Jambi.

Saat tiba di wilayah itu, Presiden Jokowi disambut oleh Tumenggung Bukit Suban dan disambut ratusan warga yang antusias ingin menyaksikan langsung kehadirannya. Ini adalah untuk kali pertama mereka dikunjungi Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya