SOLOPOS.COM - Warga Kota Palembang berolah raga di Jalan Jenderal Sudirman Palembang, Sumsel, Minggu (6/9/2015). Hari tanpa kendaraan bermotor (Car Free Day) yang biasa dilaksanakan setiap Minggu pagi di jalan tersebut tidak bisa diadakan karena gangguan kabut asap. (JIBI/Solopos/Antara/Nova Wahyudi).

Kabut asap diprediksi baru hilang tiga bulan mendatang, kecuali jika hujan mengguyur.

Solopos.com, OGAN KOMERING ILIR – Proses penghilangan asap (mop up) di hutan yang terbakar dinilai membutuhkan waktu cukup lama hingga tiga bulan jika tidak terjadi hujan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Distrik Manajer Sungai Jelutung PT Bumi Alam Permai, Dedi Saputra Lubis, mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan mop up (penghentian) asap di wilayah konsensi hutan tanaman industri (HTI) perusahaan yang terbakar.

“Wilayah konsensi kami sudah terbakar sejak 9 September 2015. Saat ini memang sudah tidak ada titik api dan kami masih berupaya menghilangkan asap,” katanya kepada wartawan di Distrik Sungai Jelutung, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, pada Rabu (28/10/2015).

Dedi mengatakan pihaknya cukup terbantu dengan hujan lebat yang turun pada Selasa (27/10/2015) selama 3-6 jam. Menurut dia, hujan lebat sangat membantu mempercepat mop up. Pasalnya jika tidak terjadi hujan pihaknya butuh waktu hingga tiga bulan untuk menghilangkan asap tersebut.

“Akan tetapi kalau hujan lebat seperti kemarin terjadi sebanyak lima kali saja, maka asap sudah dapat lenyap,” katanya.

Meski sudah terbakar sejak bulan lalu namun PT BAP belum dapat memproyeksi berapa luasan lahan yang terbakar di hutan yang telah ditanami pohon akasia itu. “Kami belum bisa mengidentifikasi luasannya karena masih berasap. Semua belum berani masuk ke lapangan untuk menghitung,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya