KABUT ASAP : Hotspot Hanya Muncul di Sumsel dan Jambi Hari Ini, Pertanda Baik?

 Foto udara kebakaran lahan di kawasan Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Selasa (20/10/2015). Berdasar pantauan satelit Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menemukan 654 titik panas berada di Sumatra Selatan. (JIBI/Solopos/Antara/Nova Wahyudi)

SOLOPOS.COM - Foto udara kebakaran lahan di kawasan Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Selasa (20/10/2015). Berdasar pantauan satelit Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menemukan 654 titik panas berada di Sumatra Selatan. (JIBI/Solopos/Antara/Nova Wahyudi)

Kabut asap belum mereda. Namun di Sumatra hari ini, titik panas hanya ditemukan di Sumsel dan Jambi.

Solopos.com, PEKANBARU — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih menemukan 154 titik panas di Sumatra, namun yang hanya tersebar di Sumatra Selatan dan Jambi, Senin (26/10/2015).

Promosi30 Tahun Dewa 19 Berkarya: Nostalgia dan Rejuvenasi di Kota Asal

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru Sugarin merincikan hotspot terpantau di Sumatra Selatan sebanyak 146 titik dan Jambi 8 titik. Sementara itu, provinsi lainnya, termasuk Riau tidak ditemukan (blank area). “Temuan itu berdasarkan pantauan dari Satelit Terra dan Aqua pada Senin pagi,” ungkapnya, Senin.

Hingga kini, tim satgas penanggulangan kebakaran lahan masih fokus memadamkan api di Sumsel dan Jambi dan provinsi lainnya, khususnya Riau. Tim satgas masih bersiaga karena sewaktu-waktu kebakaran hutan dan lahan bisa terjadi.

Mabes TNI AU mengirimkan bantuan 2,2 ton cairan slam fluid sebagai bahan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Riau. Komandan Lanud Roesmin Nurjaddin Marsma Henri Alfiandi mengatakan zat cairan itu berguna untuk mengikat partikel api agar tidak menyebar luas. Cairan itu dipasarkan oleh perusahaan Singapura Fire Terminator International Pte Ltd.

“Jadi, zat ini berguna mencegah api menyebar luas. Total cairan ini senilai USD 14.000. Namun, cairan ini diberikan secara gratis oleh Mabes TNI AU,” katanya.

Pemerintah juga berupaya melakukan pencegahan dengan membangun embung dan sekat kanal. Selain itu, pemerintah dan penegak hukum juga memberikan sanksi pidana dan administrasi.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Di Balik Slogan Solo The Spirit Of Java, Ternyata Begini Ceritanya

Slogan Solo The Spirit Of Java lahir dari sayembara yang digelar Pemkot Solo sekitar tahun 2005 sebagai upaya branding promosi pariwisata dan kebudayaan regional Soloraya.

Pasar Kelet Jepara Kebakaran, 4 Kios Ludes Terbakar

Pasar Kelet yang ada di Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengalami kebakaran.

Digosipkan dengan Raffi Ahmad, Siapa Mimi Bayuh?

Nama Mimi Bayuh menjadi sorotan setelah muncul gosip selingkuh dengan Raffi Ahmad, siapa wanita ini?

Viral! Cerita Wisatawan Dipaksa Naik Jip ke Bunker Kaliadem Merapi

Rombongan wisatawan yang hendak ke obyek Bunker Kaliadem dipaksa untuk menggunakan jasa mobil jip, cerita itu kemudian viral di media sosial.

Dapat Tugas Menangani Minyak Goreng, Benarkah Luhut Punya Usaha Sawit?

Mendapat tugas untuk mengatasi masalah minyak goreng, apakah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan punya perkebunan sawit?

Jalan Dakwah Habib Novel Alaydrus

Habib Novel Alaydrus adalah tokoh Islam asal Solo yang menghidupi umat dengan dakwah sejuk.

30 Tahun Dewa 19 Berkarya: Nostalgia dan Rejuvenasi di Kota Asal

Grup band Dewa 19 menyajikan perpaduan nostalgia dan rejuvenasi atau peremajaan untuk merayakan 30 tahun berkarya di belantika musik Indonesia.

All New Tracker RS, SUV Kecil dari Chevrolet

Chevrolet mengenalkan sport utility vehicle atau SUV berukuran kecil, All New Tracker RS khusus untuk pasar otomotif di China.

Begini Serunya Kejuaraan Karapan Sapi di Sampang Jatim

Kejuaraan digelar dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan sekaligus ajang promosi wisata

Johnny Depp Menyangkal Testimoni Amber Heard

Pada Rabu (25/5/2022), Johnny Depp dan pengacara menyangkal testimoni Amber Heard yang mengklaim sang aktor melakukan kekerasan fisik.

Warga Keluhkan Jalan Rusak, Ini Penjelasan Sekda Ponorogo

Warga mengeluhkan kondisi jalan rusak yang ada di beberapa titik di Ponorogo.

Kian Menjanjikan, Begini Kiat Bisnis Usaha Bunga Papan

Pernikahan adik Jokowi, yakni Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman menggerakkan ekonomi Solo termasuk bisnis bunga papan.

Timnas Indonesia U-19 Bawa 22 Pemain ke Toulon Cup, 2 dari Persis Solo

Timnas Indonesia U-19 telah menuntaskan pemusatan latihan di Stadion Madya Senayan Jakarta sejak 16 Mei 2022 untuk menghadapi Toulon Cup Prancis.

Kenapa Wanita Hamil Ngidam? Ini Penjelasannya

Tidak sedikit wanita hamil mengalami ngidam atau ingin menyantap makanan tertentu, kenapa hal ini bisa terjadi?

Ini Momen Presiden Jokowi Lepas Masker saat Bertemu Warga Solo

Presiden membagikan bantuan modal kepada pedagang di Pasar Gede dan Pasar Harjodaksino Solo