SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kabut asap kembali menelan korban jiwa, kali ini bayi berusia tiga bulan di Sumsel.

Solopos.com, PALEMBANG — Kabut asap di Sumatra Selatan kembali menelan korban. Kali ini seorang bayi berusia tiga bulan 24 hari mengembuskan nafas terakhirnya setelah dua pekan terakhir mengidap infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Novi Irma Yulianti, 28, ibunda dari bayi malang bernama Bilfaqih Arkah Alteza, mengatakan sebelum terjangkit ISPA anak ketiganya itu tidak memiliki riyawat sesak napas. “Selama ini dia sehat, cuma dua minggu terakhir batuk, pilek, sesak napas dan demam tinggi. Kata dokter yang periksa itu gejala ISPA,” katanya saat ditemui di rumah duka Jl. Ariodillah III Palembang, Jumat (30/10/2015).

Irma mengatakan selama ini dia tinggal di Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir, mengikuti suami yang bekerja di salah satu perusahaan perkebunan sawit. Menurut dia, kabut asap di lokasi tinggalnya itu memang terus terjadi selama dua bulan terakhir karena kebakaran lahan di sekitar lokasi.

Awalnya, Irma membawa Bilfaqih ke klinik milik perusahaan yang tak jauh dari tempat tinggal. Dia mengatakan kondisi bayinya membaik setelah minum obat, namun sayangnya asap tebal kembali terjadi sehingga membuat kondisi bayinya memburuk.

“Setelah itu dirujuk ke Rumah Sakit Bom Baru Palembang. Kami datang pukul 10.00 pagi dan meninggal pukul 19.25 malam kemarin [29/10/2015],” ujarnya.

Selama dirawat di rumah sakit tak lebih dari 10 jam itu, menurut Irma, Bilfaqih diberi perawatan oksigen dan infus. “Seharusnya pihak RS lebih antisipasi karena di sana hanya ada perawat dan dokter jaga, kami harus menunggu dokter ahli datang sementara bayi kami sudah kejang-kejang karena panas tinggi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya