Tutup Iklan

Kabur Tujuh Bulan, Tahanan Rutan Solo Ditangkap Saat Jemput Pacar

Kabur Tujuh Bulan, Tahanan Rutan Solo Ditangkap Saat Jemput Pacar

SOLOPOS.COM - Tahanan Rutan Kelas I Solo, Nova Aldiansyah (tengah gunakan masker) kembali ditangkap. Nova kabur pada Oktober 2014 lalu. (Irsyam Faiz/JIBI/Solopos)

Tahanan Rutan Klas 1 Solo kembali ditangkap, setelah kabur selama tujuh bulan.

Solopos.com, SOLO – Seorang tahanan rumah tahanan (Rutan) Klas 1 Solo, Nova Aldiyansyah, 27, kembali ditangkap petugas rutan, Kamis (14/5/2015) malam. Sebelumnya warga Lemahabang, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri itu sempat kabur dari Rutan Klas 1 Solo pada Jumat (17/10/2014) atau sekitar tujuh bulan yang lalu.

Informasi yang dihimpun Solopos.com menyebutkan tahanan titipan tersebut ditangkap kamis malam sekitar pukul 22.00 WIB. Saat itu petugas mendapatkan informasi dari salah seorang warga yang mengetahui keberadaan Nova di sebuah tempat di Karanganyar. Petugas kemudian bergerak menyisir jalan dari Karanganyar menuju Bekonang, Mojolaban, Sukoharjo.

“Ada tiga fokus titik yang kami bidik. Salah satunya di depan PT. Kusuma, Jaten, Karanganyar. Saat itu Nova hendak menjemput pacarnya yang bekerja di situ,” ungkap Kepala Rutan Klas 1 Solo, Andika Dwi Prasetya, kepada wartawan Jumat (15/5/2015) di ruang kerjanya.

Menurut Andika, saat ditangkap Nova sempat melakukan perlawanan, karena Nova membawa identitas yang berbeda. “Petugas akhirnya menggeledah Nova, ditemukan senjata airsoft gun. Dia tidak bisa mengelak, akhirnya saat itu juga kami bawa ke rutan,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengamanan, Raden Triyadi, menilai Nova cukup licin saat melakukan pelarian. Saat kabur dari rutan, dia mengelabui petugas.

Saat itu hampir semua penghuni rutan sedang menunaikan salat Jumat, kemudian saat itu lah dia kabur melalui tembok belakang dibantu oleh temannya yang sudah menunggu di luar.

Selain itu, Nova juga kerap bergonta-ganti identitas. “Makanya kamu baru bisa menangkapnya tujuh bulan setelah pelariannya. Saat ditangkap, dia memakai nama wahyu, bukan Nova, makanya dia sempat melawan,” kata dia.

Kasus Nova

Saat ini petugas rutan terus berkoordinasi dengan pihak Polresta Solo dan Polres yang ada di Soloraya untuk mendalami kasus-kasus yang dilakukan Nova. Menurut dia, saat ini ada lebih dari 30 perkara yang melibatkan Nova.

“Tidak kurang dari 30 perkara yang melibatkannya [Nova]. Kebanyakan memang kasus pencurian, dia memang spesialisasi kasus pencurian,” ungkap Triyadi.

Tidak ingin kecolongan lagi, kini Rutan Klas 1 Solo mulai meningkatkan pengamanan. Nova saat ini ditempatkan di ruang tahanan khusus. “Sebagai antisipasi kami perketat pengamanan. Setiap petugas dilengkapi dengan senjata api. patroli di masing-masing blok juga kami intensifkan. Ada juga 30 CCTV yang terus kami tingkatkan pemantauannya,” jelas dia.

Triyadi menambahkan jumlah petugas di Rutan Klas 1 Solo sebanyak 56 petugas. Mereka dibagi menjadi empat regu, masing-masing regu ada 14 petugas. Petugas dibagi menjadi tiga sif dari sif 1 pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, sif II pukul 13.00 WIB – 20.00 WIB, dan sif III dari pukul 20.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB.

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.