SOLOPOS.COM - Bupati Ponorogo, Ipong Muchlisoni (tengah) menunjukkan trofi penghargaan. (Istimewa/Humas Pemkab Ponorogo)

Solopos.com, PONOROGO -- Untuk kali kesekian, Kabupaten Ponorogo berhasil menyabet berbagai macam penghargaan nasional.

Setelah sebelumnya mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan dan penghargaan atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan, kali ini Pemkab Ponorogo berhasil menyabet 2 penghargaan sekaligus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertama, penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI yang penganugerahannya dilaksanakan di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/11/2019). Kedua, penghargaan Award Peduli Ketahanan Pangan Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Jatim Expo Jl. Ahmad Yani, Surabaya.

Penghargaan Swasti Saba Wistara ini merupakan kolaborasi dan sinergi antara Kemenkes dan Kemendagri untuk memberikan apresiasi terhadap pemda yang berkomitmen dan berhasil menjadikan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019. Selain itu juga dinilai berhasil dalam penyelenggaraan program kabupaten/kota sehat, terutama dalam menciptakan kondisi kabupaten/ota untuk hidup yang bersih, nyaman, aman dan sehat.

Ekspedisi Mudik 2024

Hadir dalam penganugerahan tersebut Mendagri, Tito Karnavian dan Menkes  Terawan Agus Putranto. “Kesehatan adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Oleh karena itu, setiap orang berhak atas kesehatan dan lingkungan yang sehat sebagaimana menjadi amanat Undang-Undang Kesehatan," ujar Menkes, Terawan Agus Putranto dalam sambutannya, seperti dalam rilis yang diterima Madiunpos.com.

Penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat merupakan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat, integrasi antarsektor. Program ini untuk memenuhi kepentingan untuk hidup sehat dan produktif.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian menilai topik kesehatan merupakan isu strategis dan sentral untuk mendukung program prioritas pembangunan nasional yang berkaitan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Terutama dalam menghadapi bonus demografi.

“Topik kesehatan ini menarik karena visi pertama Presiden untuk lima tahun ke depan yaitu kesehatan. Oleh karenanya kesehatan merupakan aspek penting dalam pembangunan SDM, terutama dalam menghadapi bonus demografi,” ujar Mendagri.

Penghargaan Swasti Saba Wistara diterima langsung oleh Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni. Ini merupakan penghargaan tertinggi dari 3 tingkatan Swasti Saba, yaitu Swasti Saba Padapa (tahap pemantapan), Swasti Saba Wiwerda (tahap pembinaan), dan tertinggi Swasti Saba Wistara (pengembangan). Pada 2017 lalu, Kabupaten Ponorogo berhasil menyabet Swasti Saba Wiwerda.

Bupati Ipong bersyukur tahun ini ponorogo mendapatkan banyak prestasi, salah satunya Swasti Saba Wistara. Dia berterima kasih kepada semua pihak yang ikut menyukseskan pelaksanaan Kabupaten Sehat Tahun 2019. Kedepan, pemerintah daerah berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat, dan berharap dukungan seluruh komponen masyarakat.

Terkait dengan program kabupaten/kota sehat, Pemkab Ponorogo memfasilitasi kegiatan yang menjadi pilihan masyarakat, termasuk penggalian sumber daya manusia yang diperlukan.

Disisi lain, pada hari ini juga, Pemerintah Kabupaten ponorogo juga mendapatkan penghargaan Award Peduli Ketahanan Pangan Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan hari pangan sedunia ke-39 Tahun 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang memberikan penghargaan kepada Kabupaten Ponorogo yang diwakili oleh Sekda Ponorogo, Agus Pramono. Penghargaan ini diberikan kepada Kabupaten/ Kota yang dinilai berhasil dalam menciptakan inovasi pembangunan ketahanan pangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya