SOLOPOS.COM - Triawan Munaf (Twitter)

Kabinet Jokowi-JK terus menjadi sorotan. Presiden Joko Widodo hari ini melantik Triawan Munaf menjadi Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Triawan Munaf sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif, yang mengurusi persoalan ekonomi kreatif setelah dipisahkan dari Kementerian Pariwisata.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Triawan Munaf merupakan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga ikut ke dalam tim sukses pemenangan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam Pemilihan Presiden 2014.

“Melantik Triawan Munaf sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif sejak dilantik,” kata Joko Widodo, di Istana Negara, Senin (26/1/2015).

Triawan diangkat dengan Keputusan Presiden No. 9/P/2015 tentang Pengangkatan Kepala Badan Ekonomi Kreatif. Keppres tersebut juga memberikan Triawan hak keuangan dan fasilitas setingkat menteri.

Triawan sendiri bukanlah sosok asing dalam ekonomi kreatif, karena aktif di band Giant Step yang beraliran progressive rock. Selain itu, Triawan Munaf merupakan ayah dari penyanyi pop Sherina Munaf.

Dalam kampanyenya saat Pilpres lalu, pasangan Jokowi-JK sempat berjanji akan menggerakkan sektor ekonomi kreatif. Ide ini bahkan menggerakkan kalangan pegiat seni untuk membantu pasangan tersebut dengan menggelar berbagai konser.

Jokowi-JK juga berjanji akan memberikan perlindungan penuh bagi karya kreatif dan inovasi. Tiga sumber hukum yang ada sekarang ini dianggap tidak menguntungkan negara dan bangsa.

Tiga sumber hukum itu adalah HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) untuk melindungi kepentingan individu dan perusahaan, WIPO (World Intellectual Property Organization) untuk melindungi hak suku tertentu, dan GPL (General Public License) untuk melindungi karya kebudayaan sebagai milik seluruh umat manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya