SOLOPOS.COM - Ignasius Jonan saat masih menjadi Dirut PT KAI. (JIBI.Bisnis Indonesia/Endang Muchtar)

Ignatius Jonan akhirnya menjadi Menteri ESDM setelah sebelumnya dipecat dari kursi Menteri Perhubungan.

Solopos.com, JAKARTA – Ignasius Jonan kembali masuk ke dalam jajaran kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Sempat didepak dari Kementerian Perhubungan, kini Jonan diangkat menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilaporkan Kantor Berita Antara, Jumat (14/10/2016) siang, Jonan, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perhubungan, dilantik menjadi Menteri ESDM Kabinet Kerja dengan Keputusan Presiden Nomor 114/P/2016 tentang Pengangkatan Menteri ESDM Kabinet Kerja untuk Sisa Masa Jabatan 2014-2019.

Sementara Arcandra dilantik menjadi menteri ESDM pada 27 Juli dan diberhentikan 15 Agustus karena masalah kewarganegaraan.

Sebelum pelantikan, Presiden Jokowi mengambil sumpah keduanya di Istana Negara Jakarta.

Acara itu dihadiri pejabat negara seperti Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

Presiden selanjutnya dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat. Presiden akan berangkat dari Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta sekitar pukul 14.30 WIB.

Ignasius Jonan lahir di Singapura, 21 Juni 1963. Sebelum menjabat posisi Menteri Perhubungan periode 2014 hingga 2019, dia sukses menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) dari tahun 2009 sampai 2014. Ignasius Jonan menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggantikan Ronny Wahyudi.

Dia juga pernah menduduki kursi Managing Director Citibank (Citigroup) mulai 2006-2009. Lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, Universitas Airlangga ini juga sempat menempati posisi sebagai Director Citibank (Citigroup) dari 1999 hingga 2001 dan Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) periode 2001-2006.

Dia alumni dari SMA Katolik St. Louis 1, Surabaya yang berhasil meneruskan pendidikan hingga Fletcher School, Tufts University, AS ini memiliki istri bernama Ratnawati Jonan. Dari pernikahannya tersebut dirinya memiliki dua orang anak, Monica dan Caterine.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya