SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla memimpin Sidang Kabinet Paripurna, di kantor Presiden, Jakarta, Senin (2/11/2015) sore. (Setkab.go.id)

Kabinet Jokowi-JK masih panas. Peringatan Jokowi soal “korban reshuffle” akibat masalah dwelling time diartikan sebagai evaluasi menteri.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengisyaratkan adanya potensi evaluasi terhadap kinerja para menteri Kabinet Kerja oleh kepala negara. Secara khusus, JK mengomentari peringatan Presiden Jokowi soal penyelesaian masalah dwelling time yang bisa mengancam posisi menteri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu disampaikan Kalla merespons sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tegas memperingatkan kinerja menteri dalam kasus waktu tunggu bongkar muat (dwelling time) di pelabuhan, Kamis (10/3/2016) pagi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Itu mungkin saja evaluasi, seperti apa yang disampaikan Presiden lah,” ungkap Kalla di Kantor Wakil Presiden, Kamis (10/3/2016). Dalam upaya penyelesaian masalah dwelling time, Menko Kemaritiman Rizal Ramli membentuk Satgas Percepatan Dwelling Time.

Sebelum peringatan ini, JK juga sempat menyindir Rizal Ramli soal perubahan nomenklatur dari Kemenko Kemaritiman menjadi Kemenko Kemaritiman dan Sumber Daya yang memanaskan Istana. Kendati demikian, dia mengaku belum ada pembicaraan apapun antara Presiden Jokowi dan dirinya terkait rencana perombakan (reshuffle) kabinet.

Pada peresmian Pusat Logistik Berikat, Kamis pagi, Presiden Jokowi mengeluhkan tingginya biaya logistik dan transportasi Indonesia yang menyebabkan industri lebih memilih menimbun barang di luar negeri. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi sempat menyinggung para Menteri untuk sungguh-sungguh memperbaiki persoalan ini agar tidak jatuh lagi “korban” reshuffle kabinet.

“Akhirnya ada Menteri yang saya copot [awal pembenahan dwelling time].Jangan sampai ada korban lagi masalah dwelling time, saya tidak main-main masalah ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya