KABINET JOKOWI-JK : Inilah Profil Menteri BUMN Kabinet Kerja, Rini Soemarno
Menteri BUMN, Rini Mariani Soemarno (JIBI/Solopos/Antara/Reno Esnir)

Solopos.com, SOLO–Kabinet Jokowi-JK yang diberi nama Kabinet Kerja telah diumumkan Minggu (26/10/2014). Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Rini Soemarno menduduki sebagai Menteri BUMN di Kabinet Kerja, Minggu (26/10/2014) sore.

Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada era Megawati Soekarnoputri ini menggantikan Dahlan Iskan yang mengisi posisi ini pada era Susilo Bambang Yudhoyono periode 2009-2014.

Rini lahir di Maryland, Amerika Serikat pada 9 Juni 1958 itu sebelumnya dipercaya Presiden Joko Widodo menjadi Kepala Staf Tim Transisi pada masa kampanye dengan bantuan empat deputi, yakni Andi Widjajanto, Hasto Kristiyanto, Anies Baswedan dan Akbar Faisal.

Dilansir Antara, ibu tiga orang anak ini pernah menjabat sebagai Presiden Dirur PT. Semesta Citra Motorindo, Presiden Direktur PT. Astrea Internasional, Presiden Komisaris PT. Semesta Citra Motorindo, Komisaris PT. Agrakom. Ia juga pernah menjadi Wakil Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasionl (BPPN), Jakarta pada 1998.

Di bidang pendidikan, Rini menyelesaikan pendidikan sarjana pada Fakultas Ekonomi, Wellesly College Massachusetts, Amerika Serikat pada 1981. Ia turut terlibat sebagai Ketua Yayasan Dharma Bhakti Astra, Penasihat Ahli Keuangan Koperasi Pegawai Negeri, khususnya pada Bank Kesejahteraan Ekonomi.

Selain itu, Rini Soemarno juga pernah mendapat penghargaan Pemimpin Puncak Terpuji pada 1995 dari Majalah Swa Sembada.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho