KABINET JOKOWI-JK : Inilah Profil Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kabiner Kerja, Puan Maharani

Solopos.com, SOLO – Presiden RI Joko Widodo resmi mengumumkan jajaran 34 menteri Kabinet Kerja, Minggu (26/10/2014). Di antara sederetan nama tersebut, Puan Maharani ditunjuk sebagai Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan periode 2014-2019.

Sejak lahir Puan akrab dengan dunia politik mengingat dirinya merupakan cucu Presiden Pertama, Soekarno dan Putri Megawati Soekarnoputri. Sebelumnya, Puan menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR untuk periode masa bakti 2009-2014 dan menduduki Komisi VI DPR RI yang meliputi bidang BUMN, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Dikutip Antara, sejak sang ibu menjadi Presiden RI pada periode 2001-2004, Puan selalu mendampingi, baik saat melakukan kunjungan resmi, ke daerah maupun ke luar negeri sehingga menjadikannya semakin familiar di panggung politik.

Puan secara aktif terlibat dalam organisasi politik saat menjadi anggota DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bidang Luar Negeri pada 2006. Pada masa pemilihan presiden tahun 2009, sarjana jurusan komunikasi massa pada Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia, ini turut menangani pemenangan Megawati jadi presiden dengan terlibat aktif di Mega Center.

Anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas beberapa kali pernah dipercaya sang ibu melakukan kegiatan sosial. Dari situ, ia pun banyak belajar mendekati masyarakat kecil.

Dalam internal PDI Perjuangan, istri dari Happy Hapsoro ini dipercaya menjadi Ketua Bidang Politik & Hubungan Antar Lembaga yang memiliki peran strategis dalam penentuan sikap politik dan komunikasi Partai dengan organisasi lainnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom