SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla. (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Solopos.com, JAKARTA—Struktuk Kabinet Jokowi-JK telah diumumkan capres terpilih Jokowi beberapa waktu lalu. Spekulasi nama-nama menteri kabinet Jokowi-JK belakangan muncul.

Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman memprediksi Ketua Umum Partai Nasdem, PKB dan Hanura memiliki peluang besar untuk menduduki jabatan Menteri Utama (Menteri Koordinator) di Kabinet Jokowi-JK.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jokowi telah mengumumkan bahwa ia akan membentuk kabinet dengan 34 kementerian, dengan rincian 7 kementerian untuk ditempati profesional murni dan sisanya 27 kementerian untuk bagi-bagi jabatan. Karena sekarang sudah jelas ketahuan Jokowi telah melakukan kompromi politik, para Ketua Umum partai politik pengusung Jokowi-JK untuk menempati kementerian strategis sangat besar. SP, Cak Imin dan Wiranto bisa jadi Menteri Utama” ujar Jajat sebagaimana dikutip JIBI/Kabar24.

Ekspedisi Mudik 2024

Jajat memprediksi para elit partai pengusung Jokowi-JK tidak akan mendapatkan kursi pimpinan di DPR karena UU MD3 yang baru.

Sebagai konsekuensi, para elit ini kemungkinan besar akan diakomodir di Kabinet Jokowi-JK, dengan catatan komposisi kader PDIP akan mendominasi pos-pos strategis kabinet.

“Bagi mereka yang saat masa kampanye lalu percaya Jokowi tidak akan bagi-bagi jabatan, saya ucapkan selamat. Anda telah tertipu pencitraan Jokowi-JK. Bagi mereka (Jokowi-JK), tipu menipu adalah hal biasa yang penting terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden. Koalisi mereka bukan koalisi wong cilik tapi koalisi wong licik” tutup Jajat.

Berikut susunan Kabinet Jokowi-JK prediksi NCID:

Kepala Kantor Urusan Kebijakan (eks Staf Khusus): Puan Maharani
Kepala Kantor Urusan Administrasi (eks Sekneg): Hasto Kristiyanto
Kepala Kantor Urusan Perencanaan (eks Bappenas): Dahlan Iskan
Kepala Kantor Urusan Penganggaran (eks Dirjen Anggaran): Rini Soewandi
Kepala Kantor Urusan Pengendalian (eks UKP4): Akbar Faizal
Menko / Menteri Utama Politik dan Keamanan: Wiranto
Menko / Menteri Utama Perekonomian: Surya Paloh
Menko / Menteri Utama Kesejahteraan Sosial: Muhaimin Iskandar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya