SOLOPOS.COM - Anang Iskandar (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Kabareskrim Polri mengunjungi Polda DIY mengingatkan tentang peningkatan penanganan kasus

Harianjogja.com, SLEMAN – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri Komjen Pol. Anang Iskandar mengunjungi Mapolda DIY, Kamis (17/3/2016). Kabareskrim mendorong Polda DIY dan jajaran untuk meningkatkan profesionalisme dalam penanganan kasus.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Anang menjelaskan, penegakan hukum tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Melainkan harus memiliki tujuan untuk bisa mencegah kejahatan agar tidak terulang kembali.

“Kita harus mendorong masyarakat agar patuh dan sadar terhadap aturan, bukan karena sanksinya saja tetapi karena akibat dari perbuatan hukumnya,” ungkap Anang dalam rilis yang dikirim Polda DIY, Kamis (17/3/2016).

Anang juga mendorong anggota Polda DIY dan jajaran agar mengawal kebijakan ekonomi pemerintah. Penegakan hukum dalam hal ini harus berorientasi pada proses dan outcome, seperti membantu Dirjen Pajak dalam melaksanakan tugasnya dalam meningkatkan jumlah wajib pajak.

Selain itu harus memperhatikan daya saing produksi, polisi harus melakukan langkah pengamanan terhadap daya saing produksi dalam negeri dan memberantas mafia peradilan dalam rangka menyiapkan Indonesia bebas penyelundupan.

Ia menambahkan, masih terkait penegakan hukum di bidang ekonomi, menyinggung perihal korupsi dan pencucian uang. Pihaknya mendorong Polda DIY untuk mengawal penyaluran dana desa dan proyek strategis nasional.

Sedangkan terkait narkoba, ia mengingatkan agar polisi harus mampu mengurangi permintaan dan stok keberadan narkoba di wilayahnya. “Sisi cyber crime, harus mengantisipasi perkembangan teknologi yang dampaknya terjadi secara global,” tegas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya