SOLOPOS.COM - Mantan pembalap F1 Rio Haryanto diserbu para tamu undangan acara puncak acara milad ke-20 Ponpes Al Hikam Banyudono, Boyolali, Selasa (6/6/2023). (Solopos/Ni'matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALIPembalap mobil F1 internasional, Rio Haryanto, saat ini sedang fokus dalam membangun bisnisnya. Kini, ia menjadi direktur di perusahaan produsen buku, PT Solo Murni atau yang lebih dikenal Kiky.

Diketahui, Pabrik Kiky terletak di daerah Batan, Banyudono. Letaknya di Jalan Semarang-Solo, dari arah barat berada di kiri jalan dan timur traffic light atau Bangjo Bangak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pria berumur 30 tahun tersebut mengatakan saat ini sudah tidak aktif lagi di dunia balapan. Saat ini Rio mengaku sedang fokus mengurus bisnis keluarganya.

Ia bertanggungjawab untuk mengamati semua operasional di PT Solo Murni mulai dari pembelian, produksi, hingga marketing.

“Sekarang lebih banyak usaha daripada balapan. Lebih ke usaha keluarga di PT Solo Murni, di Kiky ya. Saya bekerja di situ untuk mengembangkan berbagai jenis produk lainnya,” kata dia saat dijumpai Solopos.com di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikam Banyudono, Selasa (6/6/2023).

Ia mengatakan dulunya PT Solo Murni hanya dikenal dari produk buku tulisnya. Saat ini, ia telah mengembangkan arah bisnisnya ke area packaging. Beberapa brand besar, ungkap dia, telah menggunakan jasa percetakan PT Solo Murni untuk kotak makanannya.

Rio sendiri merupakan anak mantan pembalap nasional, Sinyo Haryanto dan ibunya Indah Pennywati. Sedangkan kakeknya, Ahmad Soetantyo, pendiri dari Ponpes Al Hikam Banyudono.

Walaupun saat ini sudah tidak aktif balapan, Rio menceritakan kebiasaannya sebelum bertanding. Ia mengatakan sebelum balapan, selalu mengutamakan salat wajib dan salat sunah.

“Saat balapan itu kan risikonya besar. Selain itu saya juga memiliki ambisi untuk menjadi juara. Jadi memang saya butuh salat dan berdoa untuk memberikan keyakinan serta ketenangan saat saya bertanding,” kata dia.

Lebih lanjut, Rio Haryanto berharap dunia balapan Indonesia semakin maju. Ia berharap ada juga pembinaan untuk para pembalap.

“Saya harapkan supaya bisa ada pembinaan dan fasilitasnya lebih banyak lagi untuk bisa menemukan bibit-bibit baru, terutama yang muda-muda untuk bisa membawa Merah Putih ke kancah internasional,” kata dia.

Walaupun sudah tidak aktif balapan, pesona Rio Haryanto masih menjadi magnet bagi masyarakat umum. Terbukti saat ia mengunjungi Ponpes Al Hikam Banyudono, Selasa lalu.

Rio Haryanto membuat heboh para tamu undangan yang tengah menghadiri puncak acara milad ke-20 Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikam waktu itu.

Terlebih, saat Rio Haryanto ikut berselawat bersama dalam acara milad Ponpes Al Hikam tersebut. Para tamu terutama ibu-ibu sontak ramai dan mengarahkan kamera merekam momen tersebut.

Saat acara selesai dan Rio hendak meninggalkan lokasi acara, para tamu mencegatnya. Mereka baik wali santri maupun murid-murid di ponpes dan sekolah yayasan Al Hikam ramai-ramai minta foto bareng.

Rio menjadi magnet para tamu undangan yang datang, termasuk bagi salah satu wali murid SDIT Al Hikam, Giyanti. Ia tak menyangka akan melihat Rio Haryanto di Ponpes Al Hikam, Banyudono, Boyolali. Giyanti mengaku baru kali pertama melihat dan bertemu Rio Haryanto secara langsung.

Akan tetapi ia tak bisa berfoto bersama karena saking banyaknya orang yang ingin berfoto dengan Rio Haryanto.

“Saya tahu Mas Rio pembalap, baru kali ini ngelihat langsung. Biasanya hanya lewat Youtube,” ujar dia saat berbincang dengan Solopos.com di sela-sela acara.

Giyanti mengungkapkan sebelumnya ia juga sudah tahu Rio Haryanto merupakan cucu dari pendiri Yayasan Ponpes Al Hikam.

“Soalnya dulu pernah di sini itu mengadakan doa bersama waktu Mas Rio mau balapan yang pertama kali,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya