SOLOPOS.COM - Petenis nomor satu dunia asal Serbia Novak Djokovic mencium trofi juara turnamen seri grand prix Wimbledon beberapa waktu lalu setelah mengalahkan Roger Federer. JIBI/Reuters/Stefan Wermuth

Kabar petenis nomor satu dunia Novak Djokovic adalah menguasai tahta tertinggi selama 56 pekan sehingga menyamai prestasi Nadal.

Solopos.com, MONACO—Novak Djokovic panen rekor lagi dengan menduduki peringkat pertama selama 56 pekan beruntun. Capaian juara Wimbledon 2015 itu menyamai rekor mantan petenis nomor satu dunia, Rafael Nadal.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dilansir Atpworldtour, Selasa (28/7/2015), petenis Serbia ini bertengger di urutan teratas selama lebih dari semusim. Ia sempat dikudeta Nadal pada 30 September 2013. Takhta sebagai raja tenis dunia itu kembali ia dapatkan 7 Juli 2014. Sejak saat itu Djokovic tak terusik di puncak hingga kini.

Djokovic sukses mensejajarkan diri dengan Nadal saat menjadi raja tenis dunia pada 7 Juni 2010 sampai 3 Juli 2011. Peraih sembilan gelar grand slam ini menjadi petenis tunggal putra terbaik saat ini dengan mengemas 13.845 poin. Ia mengungguli Roger Federer yang berada di peringkat kedua dengan 9.665 poin.

Kini petenis berusia 28 tahun itu tinggal selangkah lagi menyamai John McEnroe yang berjaya sebagai petenis terbaik dunia selama 58 pekan. Rekor baru ini jelas sangat mungkin Djokovic lakukan. Selain ia hanya butuh dua pekan lagi, selisih poin Djokovic dengan Federer cukup jauh sehingga ia tak mungkin disalip.

Djokovic masuk daftar petenis terbaik di dunia terlama di urutan ke-10 bersama Nadal. Ia sangat mungkin melampaui McEnroe yang berada di posisi kesembilan. Jalan petenis yang kini menetap di Monaco itu masih sangat panjang jika hendak mengungguli sederet petenis top seperti Pete Sampras (82 pekan), Ivan Lendl (80 pekan), dan Lleyton Hewitt (75 pekan).

Meskipun demikian, tak mudah bagi bapak satu anak itu mengejar Federer yang menjadi petenis terbaik sepanjang masa. Federer berada dalam urutan teratas sebagai petenis nomor satu dunia terlama sepanjang sejarah, yakni 237 pekan. Ia berkuasa pada periode 2 Februari 2004 sampai 17 Agustus 2008 lalu.

“Novak terlalu kuat hingga sekarang. Ia bermain sangat solid sehingga susah bagi lawan untuk menundukkannya,” puji Federer, dilansir The Guardian.

Sepanjang dua musim terakhir petenis berjuluk The Joker ini tak terlampau tangguh untuk dikalahkan. Terutama di musim 2015 dengan sukses membawa pulang dua trofi grand slam, yakni Australian Open dan Wimbledon. Hanya di French Open ia kurang beruntung sehingga Djokovic harus puas sebagai runner up.

Hingga pertengahan musim ini total The Joker sudah mengoleksi enam gelar, yakni dua titel grand slam dan empat gelar master. Di samping itu, ia sudah mencatat 48 kemenangan dan baru menelan tiga kekalahan. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Daftar Petenis Nomor Satu Dunia Terlama

No          Petenis                Negara                Jumlah Pekan

1.            Roger Federer   Swiss                                     237

2.            Jimmy Connors AS                                           160

3.            Ivan Lendl           Republik Cheska               157

4.            Pete Sampras    AS                                           102

5.            Jimmy Connors AS                                           84

6.            Pete Sampras    AS                                           82

7.            Ivan Lendl           Republik Cheska               80

8.            Lleyton Hewitt  Australia                              75

9.            John McEnroe   AS                                           58

10.          Novak Djokovic, Rafael Nadal                     56

 

Peringkat 10 Besar ATP Petenis Putra, Selasa (28/7)



No          Petenis Poin

1. Novak Djokovic (Serbia)           13.845

2. Roger Federer (Swiss)               9.665

3. Andy Murray (Skotlandia)       7.840

4. Stan Wawrinka (Swiss)              5.790

5. Kei Nishikori (Jepang)                5.525

6. Tomas Berdych (Republik Cheska)       5.140

7. David Ferrer (Spanyol)              4.325

8. Milos Raonic (Kanada)               3.810

9. Marin Cilic (Kroasia)    3.495

10. Rafael Nadal (Spanyol)           3.000

Sumber: Atpworldtour. (rid/JIBI)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya