SOLOPOS.COM - Rio Haryanto (Reuters/Andrew Boyers)

Kabar pembalap Rio Haryanto yang kabarnya terancam tak bisa membalap semusim penuh.

Solopos.com, JAKARTA – Masa depan Rio Haryanto di Formula One 2016 tengah menjadi perbincangan hangat. Hal itu tak terlepas dari belum lunasnya kewajiban Rio membayar kepada timnya, Manor Racing.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Saat ini, Rio masih memiliki tunggakan senilai 7 juta euro (Rp101 miliar) kepada Manor. Rio yang berstatus sebagai pay driver memang dibebankan biaya sponsor senilai 15 juta euro (Rp216 miliar). Sebanyak 8 juta euro (Rp115 miliar) sudah dibayarkan dengan rincian 5 juta euro dari Pertamina dan 3 juta euro dari Kiky Sport.

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah 11 seri berjalan, Rio mengalami kesulitan untuk melakukan pembayaran sisa dana yang harus disetor. Kabar bahwa pembalap 23 tahun itu akan digantikan oleh pembalap lain pun sudah berembus dalam beberapa pekan terakhir.

Soal nasib Rio di F1, Pertamina selaku sponsor sudah mengirimkan surat resmi ke Manor. Pertamina mengaku sudah mendapat tanggapan dari surat itu. Menurut mereka, nasib Rio akan segera diputuskan.

“Kami dari pihak Pertamina sudah mengirim surat secara resmi ke Manor, agar bisa diberi konfirmasi secara resmi apakah Rio bisa dipertahankan sampai akhir musim. Sebab, dari sisi prestasi sudah cukup baik dan potensial,” kata VP Corporate Communication PT Pertamina, Wianda Pusponegoro, dilansir Detik.com, Minggu (24/7/2016) malam WIB.

“Pertamina juga ada di belakang Rio, kami tak pernah miss pembayaran. Kami masih menunggu termin pembayaran terakhir senilai 250.000 euro,” imbuhnya.

Wianda juga mengungkapkan pihak Manor telah memberi tanggapan positif atas pertanyaan mengenai kelanjutan karier Rio di musim ini. Mereka pun optimistis Rio bisa tampil sampai seri terakhir Formula One 2016.

“Manor akan menjawab surat secara resmi di hari Rabu, sebelum balapan di Jerman. Itu yang saat ini masih kami tunggu,” kata Wianda.

“Sinyal dengan Manor sangat sangat positif. Mereka butuh waktu sampai Rabu,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya