SOLOPOS.COM - Lionel Messi dan Frank Rijkaard (Twitter)

Kabar pemain Lionel Messi yang menyebut Frank Rijkaard berjasa besar pada kariernya.

Solopos.com, BUENO AIRES – Lionel Messi menyebut Frank Rijkaard adalah sosok yang sangat penting dalam kariernya. Bahkan dia menyebut berkat Rijkaard lah, dia menjadi seperti sekarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak bisa dipungkiri, Messi adalah pesepak bola terbaik sejagad selain Cristiano Ronaldo. Sejumlah gelar individu maupun klub berhasil ia gondol dalam satu dekade terakhir. Lima trofi Ballon d’Or pun berhasil disabet pria Argentina, dan trofi Ballon d’Or 2015 menjadi yang terbaru.

Ekspedisi Mudik 2024

Melihat aksi Messi saat ini, tentu ada peran pelatih yang membawa pemain berjuluk La Pulga itu seperti sekarang. Dan Messi menyebut eks pelatih Barcelona, Frank Rijkaard, adalah sosok itu. Ya, Rijkaard adalah pelatih Barca yang membawa Messi ke tim senior.

Rijkaard memberikan kepercayaan pada Messi untuk turun di level senior dan menjalani debut pada 17 Oktober 2004. Saat itu dia baru berusia 17 tahun. Messi pun menjadi pemain termuda ketiga dalam sejarah klub yang melakukan debut.

Berkat debut di level senior itu lah, Messi tumbuh lebih baik. Bahkan pemain 28 tahun itu menyebut jika tidak ada kepercayaan dari Rijkaard kala itu, dia tidak akan seperti sekarang ini.

“Saya selalu mendapat kesan bagus dengan para mantan pelatih saya, tapi pelatih terpenting dalam karier saya adalah Rijkaard,” ujar Messi seperti dikutip dari Soccerway, Senin (28/3/2016).

“Jika dia tidak memutuskan untuk membawa saya berlatih di tim utama dan bermain, mungkin saya tidak akan pernah bisa masuk tim utama,” sambungnya.

“Saya selalu katakan yang sama soal itu [Rijkaard], dia adalah orang yang sangat penting bagi saya karena kepercayaannya pada saya. Dia membuat saya bisa bermain di tim utama,” tutup kapten Timnas Argentina tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya