SOLOPOS.COM - Lionel Messi (Reuters)

Kabar pemain Lionel Messi yang menjadi top skorer sepanjang masa Argentina.

Solopos.com, HOUSTON  — Lionel Messi mencatat rekor baru dengan menjadi pencetak skor terbanyak sepanjang masa Timnas Argentina setelah membikin satu gol di semifinal Copa America Centenario 2016 kontra Amerika Serikat yang berakhir dengan skor 4-0, di NRG Stadium, Houston, Texas, AS, Rabu (22/6/2016) pagi WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kini kapten Tim Tango itu mengantongi 55 gol. Torehan ini melampaui jumlah gol milik sang senior, Gabriel Batistuta, yakni 54 gol. Rekor anyar superstar Argentina itu tercipta di menit ke-32 babak pertama. Ia melesakkan gol cantik lewat tendangan bebas dari luar kotak penalti yang tak mampu dibendung kiper AS, Brad Guzan.

Gol Messi ini membikin Tim Tango unggul 2-0 setelah sebelumnya Ezequiel Lavezzi membuka keran gol di menit ketiga. Pundi-pundi gol striker Barcelona itu ia hasilkan sepanjang membela timnas sejak musim 2006 silam dalam 112 kali penampilan.

Sebelumnya, megabintang Barcelona itu sudah menyamai rekor Batistuta saat menyumbang satu gol ketika Argentina menyingkirkan Venezuela dengan skor 4-1 di perempatfinal Copa America Centenario, Minggu (19/6/2016) WIB. Jumlah tersebut masih bisa bertambah seiring dengan lolosnya skuat asuhan Gerardo Martino itu ke partai final.

“Saya senang. Saya bersyukur untuk ini dan semua orang yang memberi saya kesempatan bermain untuk Argentina. Rekor ini terwujud karena semuanya,” papar Messi, dilansir Soccerway.com, Rabu.

Kali pertama pemenang lima kali Ballons d’Or ini mencetak gol internasional untuk timnas dalam sebuah laga persahabatan kontra Kroasia di St. Jakob Park, Basel, Swiss, 1 Maret 2006. Messi menyumbang satu gol dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 2-3 untuk Kroasia.

Musim paling produktif Messi di level timnas terjadi di musim 2012, yakni 12 gol. Gol-gol itu tercipta dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 dan laga persahabatan. Saat itu Messi tercatat tampil 12 kali. Sedangkan di musim 2016 ini striker berusia 28 tahun itu sudah menceploskan enam gol dalam tujuh kali tampil.

Sedangkan 55 gol itu paling banyak dibikin pemain jebolan akademi Newell’s Old Boys ini di friendly match, yakni 27 gol. Sisanya ia ciptakan di Copa America (8), kualifikasi Piala Dunia (15), dan turnamen Piala Dunia (5).

“Sungguh luar biasa pemain terbaik dunia adalah pencetak skor terbanyak Timnas Argentina. Ia [Messi] begitu bahagia dengan tim,” jelas pelatih Argentina, Gerardo Martino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya