SOLOPOS.COM - Louis Van Gaal (Twitter)

Kabar pelatih Louis van Gaal yang sudah dipecat Manchester United.

Solopos.com, MANCHESTER – Petualangan Louis van Gaal di Manchester United berakhir sebelum kontraknya habis. Van Gaal dipecat di tahun kedua dalam kontraknya yang berdurasi tiga tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Van Gaal datang Old Trafford pada musim panas 2014 untuk menggantikan David Moyes yang dianggap gagal setelah era Sir Alex Ferguson. Van Gaal diharapkan mampu mengangkat prestasi MU yang memburuk sepeninggal Van Gaal.

Di musim pertamanya, Van Gaal berhasil membawa MU kembali ke Liga Champions. Namun dia juga gagal membawa MU lolos ke fase grup yang membuat mereka turun kasta ke Liga Europa. Di Liga Europa mereka dihentikan Liverpool di babak 16 besar.

Musim ini, Van Gaal hanya mampu membawa MU finis lima besar. Itu artinya mereka tak bisa berlaga di Liga Champions musim depan. Sesuatu yang tidak ingin diinginkan manajemen MU dan dianggap menjadi salah satu alasan Van Gaal dipecat.

Satu-satunya trofi yang dipersembahkan Van Gaal untuk MU adalah FA Cup 2016. Trofi itu pun tak mampu menyelamatkan dia dari pemecatan. Manajemen lebih suka MU berlaga di Liga Champions. Selain itu Van Gaal dianggap membuat permainan MU monoton.

Seperti dikutip dari Detik.com, Selasa (24/5/2016), Van Gaal juga tak memiliki rekor yang cukup bagus. Dari 103 pertandingan, Van Gaal memberikan 54 kemenangan untuk MU. Sisanya imbang 25 kali dan kalah 24 kali.

Dari pertandingan-pertandingan itu, MU mencetak 158 gol dan kebobolan 98 gol di bawah asuhan Van Gaal. Pelatih 64 tahun itu pun mencatatkan persentase kemenangan sebesar 52,43% di MU. Angka tersebut adalah yang paling rendah dibandingkan catatan Van Gaal di tim-tim sebelumnya.

Persentase kemenangan Van Gaal di MU lebih buruk daripada periode pertama Van Gaal di timnas Belanda (2000-2002) dan periode keduanya di Barcelona (2002-2003), di mana dia mencatat persentase kemenangan 53,33%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya