Kabar Paus Fransiskus Terinfeksi Corona Dipastikan Hoaks, Cek Faktanya!


Solopos.com/Chelin Indra Sushmita

Solopos.com, VATIKAN – Kabar tentang Paus Fransiskus terjangkit virus corona dipastikan hoaks. Saat ini, Paus Fransiskus mengalami sakit ringan sehingga terpaksa membatalkan sejumlah agenda yang telah dijadwalkan.

Kabar Paus Fransiskus selaku pimpinan umat Katolik sedunia terinfeksi virus corona dibantah pihak Duta Besar RI untuk Takhta Suci Vatikan, Agus Sriyono. Dia menjelaskan, kabar bohong itu muncul setelah Paus Fransicus batal menghadiri Misa di Roma, Italia, karena sakit.

Semburan Lumpur 40 Meter Muncul di Grobogan, Mirip Lapindo?

“Dari pantauan kami sampai Sabtu malam [29/2/2020] baik melalui berita resmi dari Vatikan, Italia, dan kontak pribadi dengan pejabat Vatikan, tidak satu pun menyaktakan Paus Fransiskus terinveksi virus corona. Mereka menyatakan The Pope has a mild indisposition,” terang Agus Sriyono seperti dikabarkan Okezone, Minggu (1/3/2020).

Paus Fransiskus diketahui batal menghadiri Misa di Roma, Italia, Kamis (26/2/2020). Dia lebih memilih tinggal di hotel dekat Santa Marta.

Hoaks

Kabar Paus Fransiskus terjangkit virus corona kali pertama dibagikan media MCM News dengan judul, Vatikan Konfirmasi Paus Fransiskus dan Dua Ajudannya Poitif Virus Corona. Berita ini dibagikan ribuan orang dan dikutip berbagai media yang kemudian diralat karena tahu ternyata hoaks.

Berita itu muncul saat pasien virus corona di Italia mencapai lebih dari 1.000 orang dengan 29 di antaranya meninggal. Paus Fransiskus juga sedang sakit yang tidak diketahui jenisnya. Dia terlihat batuk-batuk dan beberapa kali menyeka hidung.

Konsumsi Daging Anjing Bisa Terkena Rabies? Ini Faktanya

Tetapi, kabar Paus Fransiskus terinfeksi virus corona disebut hoaks karena tidak ada kantor berita besar dan kredibel yang melaporkan. Termasuk Vaticannews.va yang memberitakan informasi seputar Vatikan. Sampai saat ini juga belum ada pernyataan resmi dari Vatikan yang menyebut Paus Fransiskus positif virus corona.

Dikutip dari Reuters, juru vicara Vatikan, Matteo Bruni, menyebut Paus Fransiskus hanya sakit ringan. Dia menegaskan tidak ada bukti diagnosa apapun kecuali sakit ringan pada Paus Fransiskus.

Selain itu, berita MCM News diragukan keabsahannya berdasarkan penelusuran Cindy Otis yang sempat menjadi analis militer di CIA selama 10 tahun. Dia menyebut situs MCM News abal-abal alias tidak jelas karena tidak ada informasi apapun di susunan keredaksian.

 

 

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita