Kabar Pasien Corona Kabur, RSAL Mintohardjo: Tidak Benar!
Ilustrasi petugas medis menangani pasien corona. (Antara/M Agung Rajasa)

Solopos.com, SOLO -- Kabar seorang pasien penyakit virus corona (Covid-19) kabur dari RSAL dr. Mintohardjo beredar melalui pesan whatsapp. Pihak RSAL dr. Mintohardjo menyatakan berita itu tidak benar.

Dalam pesan itu disebut pasien bernama Eko Purwanto, 33, asal Solo kabur dari RS TNI AL dr. Mintohardjo. Ia kabur saat hendak dirujuk ke RS Wisma Atlet karena kemungkinan menderita positif corona.

Surat Ganjar Pranowo ke Tim Medis Corona: Ada Cahaya di Ujung Gelap

"Kabur dari RS TNI AL tadi malam Jumat tanggal 27 Maret 2020. Orang tersebut kost di RT 007/RW 005, Kel. Kebon Melati Tanah Abang, Jakpus," begitu isi pesan yang beredar di WAG.

Dalam pesan itu juga disebut provos yang bertugas di RS TNI AL Mintohardjo pagi tadi telah datang menjemput di tempat indekos Eko Purwanto. Namun, Eko sudah melarikan diri bersama temannya.

Hanyut 36 Km, Jasad Anak Terjun ke Sungai di Klaten Ditemukan di Sragen

"Diduga kabur langsung ke Solo," tulis dalam pesan itu.

Selain pesan teks, ada pula pesan suara atau voice note yang menginfokan bahwa Eko Purwanto sudah ditangkap oleh TNI AD di Serengan, Solo. Tidak disebutkan tanggal dan jam berapa penangkapan itu.

Masih Tinggi, Indeks Kerukunan Umat Beragama Indonesia 73,83

"Ane, Hendra dari komunitas Utan Kayu Bersatu (UKB) sekaligus penanggung jawab pasien virus corona (Covid-19) yang mau kabur saat dirujuk dari RS AL menuju RS Wisma Atlet Kemayoran. Untuk perihal pasien Covid-19 yang kabur itu mulai hari ini detik ini ane nyatakan kondusif karena si pasien sudah dinyatakan ditangkap oleh pihak TNI Angkatan Darat di Serengan MS Solo," begitu bunyi pesan suara yang beredar.

Tangani Corona Jateng, Ganjar Siapkan Dana Rp1,4 Triliun

Kabar Dinyatakan Tidak Benar

Kepala RSAL dr. Mintohardjo, Kolonel Laut dr. Wiweka menyatakan pasien corona bernama Eko Purwanto yang dikabarkan kabur dari RSAL dr. Mintohardjo tidak benar. Pasien itu belum ditetapkan sebagai pasien Covid-19.

Kritik Deddy Corbuzier soal Corona: Kita #Dirumahaja, Tapi WNA Masuk Indonesia

Wiweka menceritakan pada Jumat (27/3/2020) sekitar pukul 15.30 WIB, Eko mendatangi posko Covid-19 di RSAL dr. Mintohardjo dengan keluhan batuk disertai demam selama dua hari.

Oleh petugas, Eko diarahkan menuju Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk menjalani pemeriksaan.

Jenazah Anak Klaten Terjun ke Sungai Bengawan Solo Ditemukan di Jembatan Sari Sragen

"Di ruang IGD rencana akan dilakukan pemeriksaan lanjutan, namun belum sempat di lakukan pemeriksaan yang bersangkutan meninggalkan ruang IGD tanpa seijin perawat," kata Wiweka sebagaimana dikutip dari Suara.com, Senin (30/3/2020).

Hingga kini, Wiweka mengaku belum mendapatkan informasi terkait keberadaan Eko. Ia memastikan Eko belum dinyatakan sebagai pasien Covid-19.

Tekan Corona, Gaji Gubernur & PNS Jabar Dipotong 4 Bulan ke Depan

"Sebagai catatan bahwa Tn. Eko Purwanto belum dilakukan pemeriksaan dan belum ditetapkan sebagai pasien Covid 19. Jadi berita yang beredar bahwa yang bersangkutan adalah PDP/Positif Covid-19 yang akan dirujuk ke RSD Wisma Atlet adalah tidak benar," katanya.

Sumber: Suara.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho