SOLOPOS.COM - Asisten pelatih Spurs Rebecca Hammon sedang berbincang dengan salah seorang pemain. Ist/projectspurs.com

Kabar NBA musim depan bakal menggembirakan, ini kalau benar terjadi. Rebecca Hammon, alias Becky kabarnya akan menjadi pelatih wanita pertama.

Solopos.com, SAN ANTONIO— NBA bakal mencatat sejarah dalam beberapa musim ke depan menyusul kemungkinan muncul pelatih perempuan pertama di kejuaraan basket terbaik di dunia ini. Adalah Rebecca Hammon yang digadang-gadang akan menjadi pelatih kepala di NBA.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Dalam dua musim terakhir Hammon dipercaya menjadi asisten pelatih kepala San Antonio Spurs, Gregg Popovich. Hammon adalah perempuan kedua yang didapuk sebagai asisten pelatih NBA. Tapi, perempuan berusia 38 tahun itu merupakan yang pertama yang menjabat posisi itu dengan status full time.

Perempuan blasteran Amerika Serikat dan Rusia ini sebelumnya sudah malang melintang sebagai pebasket profesional di sejumlah klub termasuk di ajang Women’s National Basketball Association (WNBA). Kali terakhir ia membela WBC Spartak Moscow Region sebelum gantung sepatu di musim 2012.

Ia resmi menjadi asisten pelatih sejak musim lalu. Perempuan yang akrab disapa Becky ini ditunjuk untuk menukangi Spurs di kompetisi Summer League. Hasilnya, ia sukses mengantar Spurs keluar sebagai kampiun. Tak pelak ia langsung dijagokan bakal naik level menjadi head coach.

Di samping itu, kemampuan perempuan kelahiran South Dakota itu memiliki pengalaman lebih dari cukup. Ia pernah memperkuat New York Liberty serta San Antonio Stars dan mengoleksi enam cicin juara WNBA plus dua kali masuk dalam WNBA First Team.

“Itu menjadi berita besar saat kami mengontraknya dan kini semakin besar lagi karena apa yang terjadi di Summer League. Kami mengontraknya karena ia sosok yang tepat,” kata Popovich, dilansir Sports.yahoo.com, Senin (27/7/2015).

Becky mulai dekat dengan San Antonio Spurs setelah dia mengalami cedera parah. Ia butuh waktu setahun untuk menjalani penyembuhan. Dalam proses rehalibitasi tersebut, mantan point guard ini kerap datang ke sesi latihan, pertemuan pelatih, dan sejumlah pertandingan Spurs. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya