Kabar Gembira! KRL Solo-Jogja Beroperasi Tahun 2020

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JOGJA — Sarana transportasi massal masyarakat Solo dan Jogja ke depan kian lengkap. Pihak Kementerian Perhubungan (Kemnehub) menyatakan kereta rel listrik (KRL) Solo-Jogja-Kutoarjo akan beroperasi pada 2020 mendatang.

Situs LPSE Kemenhub, Minggu (18/8/2019), menyebut Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Tengah mulai melelang konstruksi pembangunan Listrik Aliran Atas (LAA) untuk relasi Jogja-Solo. Tender tersebut merupakan tender ulang karena sebelumnya sudah ditawarkan.

Sebagai infromasi, rencana pembangunan LAA tersebut terbagi dalam 13 paket. Paket yang ditawarkan mulai pembangunan LAA dari km 107 hingga km 154 untuk relasi Jogja-Solo. Nilai paket yang ditawarkan bervariasi antara Rp36 miliar hingga Rp53 miliar.

Kepala Humas Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan mengatakan penyediaan jaringan LAA merupakan komponen utama yang harus diselesaikan.

“KRL Jogja-Solo dijadwalkan beroperasi akhir 2020. Mohon doa dan dukungannya,” kata Hengki, Minggu kemarin.

Namun Hengki belum bisa membeberkan detail rencana pembangunan LAA tersebut. Dia hanya  meminta dukungan semua pihak agar proses lelang bisa berjalan lancar.

Terpisah, Deputi EVP Daops 6 Sugiyono mengatakan proyek KRL perseroan menunggu perintah untuk mengoperasikan KRL tersebut. “Kami memang melakukan pendampingan saat survei lokasi termasuk saat menfasilitasi titik lokasi,” katanya.

Namun, menurut Sugiyono, belum ada pembahasan soal detail engineering desain (DED) terkait rencana operasional KRL relasi Jogja-Solo. Jalur KRL direncanakan lebih panjang tidak hanya melaju dari Solo ke Jogja.

“Ada rencana dari Jebres [Solo] hingga Kebumen. Tetapi kami belum ada pembicaraan basic design operasinya, apalagi DED-nya. Baru selesai tahap survei,” kata Sugiyono.

Sebelumnya, Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro mengatakan moda transportasi KRL diharapkan segera terealisasi seiring semakin padatnya lalu lintas di DIY.

Tak hanya mempersiapkan moda transportasi KRL, PT KAI juga masih menunggu pengoperasian Stasiun Kedundang sebagai stasiun untuk menghubungkan langsung KA Bandara dengan YIA. Stasiun Kedundang yang berlokasi di Kulonprogo ini dinilai strategis untuk mengoneksikan Kereta Api Bandara dari Stasiun Tugu menuju Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airpor (YIA)t.


Berita Terkait

Berita Terkini

Unggul Telak! Ini Head to Head Indonesia vs Denmark di Piala Thomas

Indonesia akan menghadapi Denmark di babak semifinal Piala Thomas 2021. Tim Indonesia ternyata superior terhadap Tim Denmark di ajang Piala Thomas.

Hari Pangan Sedunia, Perpadi Bagikan Beras Gratis ke Warga Delanggu

DPC Perpadi Klaten membagikan 800 paket beras secara gratis kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Delanggu, Sabtu (16/10/2021) sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia.

Prediksi Skor & Line Up Watford vs Liverpool, Menang Besar The Reds?

Liverpool akan mendapat tantangan dari Watford pada pekan kedelapan Liga Premier Inggris.

Kronologi Versi MTs Harapan Baru Ciamis, Berawal dari Siswa Terpeleset

Pihak MTs Harapan Baru Ciamis menyebut kronologi 11 siswa tenggelam berawal dari siswa terpeselet dan temannya mencoba membantu saat berada di tepi Sungai Cileueur.

3 Desa di Sukoharjo Gelar Pilkades Antarwaktu, Ini Tahapannya

Ketiga desa yang melaksanakan pilkades antarwaktu yakni Desa Gedangan di Kecamatan Grogol, Desa Trosemi di Gatak, dan Desa Puhgogor di Bendosari.

Soal Aksi Suporter PSS Sleman, BCS: Nyuwun Ngapunten Sedulur Solo!

Jajaran Polresta Solo membubarkan ratusan orang yang diduga pendukung PSS Sleman di beberapa akses masuk Kota Solo

Buatan Tangan Full, Segini Harga Kerajinan Kulit Warga Taman Madiun

Harga kerajinan tangan Hendro Suwignyo dibanderol agak tinggi karena 100% buatan tangan.

Olala... Nenek Ini Shock Berat Kejatuhan Meteorit di Tempat Tidurnya

Batu tersebut tidak mengenai tubuh tapi tetap saja banyak berserakan puing-puing di wajah dan tubuh si nenek akibat hantaman or tak diundang tersebut.

Giliran Anak, KPK Tangkap Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin

KPK menangkap anak mantan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, yakni Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin, dalam operasi tangkap tangan (OTT) Jumat, 15 Oktober 2021 malam.

Istimewa, Kerajinan Kulit Warga Madiun Ini Tembus Jepang Hingga Kanada

Seorang warga Madiun berhasil membuat kerajinan kulit handmade yang mampu menembus pasar luar negeri.

Hari Pangan Sedunia 2021: Sudah Tepatkah Kita Memperlakukan Pangan?

Peringatan Hari Pangan Sedunia bertujuan untuk mempromosikan kesadaran dan tindakan global terhadap kelaparan serta untuk menyoroti perlunya memastikan pola makan yang sehat untuk semua.

Susunan Pemain Indonesia vs Denmark di Semifinal Piala Thomas

Tim Indonesia berhasil melaju ke babak semifinal Piala Thomas 2021. Mereka akan menghadapi Denmark.

Kasus Bullying Siswa SD di Jepara, Disdikpora: Sudah Damai

Masalah aksi bullying siswa SD di Jepara yang vidoenya viral dinyatakan sudah selesai oleh Disdikpora Jepara.

Siswa SD di Jepara Jadi Korban Bullying, Reaksi Ortu Pelaku Bikin Emosi

Video seorang siswa SD di Jepara yang jadi korban bullying teman sekelasnya viral di twitter.

Ada Campur Tangan Pemancing di 2 Tragedi Susur Sungai Ciamis dan Sempor

Kisah pemancing menyelamatkan peserta susur Sungai Cileueur, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat juga terjadi saat tragedi susur Sungai Sempor di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hari Pangan Sedunia 2021, Momentum Evaluasi Ketahanan Pangan Indonesia

Selama ini aktivitas manusia dalam mencapai ketahanan pangan sering menurunkan atau menghancurkan habitat alami dan berkontribusi pada kepunahan spesies.