SOLOPOS.COM - Penyelenggara Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 atau World Junior Wushu Championship (WJWC) 2022 memencet tombol secara bersama di sela-sela peluncuran maskot turnamen pada konferensi pers di Wisma AKR, Jakarta, Selasa (13/9/2022). (Antara/Muhammad Ramdan)

Solopos.com, JAKARTA – Kabar gembira bagi para pencinta olahraga di Tanah Air. Sebuah kejuaraan dunia olahraga kembali akan digelar di Indonesia pada akhir tahun ini. Menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Indonesia juga dipercaya menggelar kejuaraan dunia seni bela diri yang satu ini.

Federasi Wushu Internasional (IWUF) kembali mempercayai Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 atau World Junior Wushu Championship (WJWC) 2022 yang dijadwalkan bergulir di ICE, BSD, Tangerang, Banten, pada 2-11 Desember 2022.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Direktur Eksekutif WJWC 2022, Gunawan Tjokro, mengatakan ini merupakan kali kedua Indonesia dipercaya IWUF menjadi penyelenggara setelah pada tahun 2008 ajang serupa bergulir di Bali.

Gunawan mengungkapkan Indonesia terpilih kembali menjadi tuan rumah bukan tanpa alasan. “Prestasi wushu Indonesia di level internasional diperhitungkan. Kita juga pernah dan sukses menyelenggarakan event serupa sebelumnya,” kata Gunawan Tjokro dalam konferensi pers di Wisma AKR, Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Sebagai tuan rumah, kata Gunawan, ada dua target yang dicanangkan yakni sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi.

“Kami ingin setiap peserta yang datang pulang dengan kesan yang manis. Kemudian atlet-atlet kita juga sukses prestasi meraih medali di Kejuaraan Dunia Junior,” ujarnya.

Baca Juga: Daftar Peringkat Dunia Petenis WTA Hari Ini, Iga Swiatek Nyaman di Puncak

Gunawan juga menyatakan sejauh ini sebanyak 46 negara sudah resmi mendaftar. Dia optimistis 80 hari menuju WJWC 2022 jumlah tersebut bertambah.

“Dengan waktu yang relatif masih lama menuju pelaksanaan. Kami pikir akan banyak lagi negara yang mendaftar. Target kami ajang kali memecahkan rekor dari jumlah peserta yakni diikuti 70 negara,” ungkapnya.

Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 bakal mempertandingkan sejumlah nomor kategori junior putra dan putri nomor sanda dan taolu baik putra maupun putri.

Baca Juga: Kabar Terbaru MotoGP: Luca Marini Bertahan di Mooney VR46 Musim Depan

Meski optimistis dapat memaksimalkan status sebagai tuan rumah, Gunawan Tjokro melihat cabang olahraga Wushu telah berkembang pesat dan persaingan merata.

“Untuk bisa bersaing, kita harus melakukan pembinaan terhadap atlet-atlet sejak dini sebagai pembibitan,” pungkas Gunawan Tjokro.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI), Ngatino, mengatakan Indonesia menyiapkan 24 atlet untuk Kejuaraan Dunia kali ini.

Baca Juga: Diperkuat Pemain Tim Voli PON Jateng, Klub Asal Sragen Ini Juarai Piala Wincorp

Saat ini ada 28 atlet hasil dari Kejuaraan Daerah (Kejurda). “Hasil 28 atlet itu belum final. Menunggu hasil Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan final stage taulo di Surabaya dan Piala Presiden 17-22 September. Setelah itu dipilih atlet dan kami pelatnaskan,” ujar Ngatino.

Dalam kesempatan yang sama, logo dan maskot Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 secara resmi diluncurkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya