SOLOPOS.COM - Sejumlah pedagang di Beteng Trade Center (BTC) Solo mengeluarkan barang dagangan mereka setelah Pemkot memutuskan menutup pusat perbelanjaan itu karena ada kasus Covid-19, Kamis (16/7/2020) (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Setelah sepekan ditutup karena ada satu karyawan yang positif Covid-19 dari klaster tahu kupat Purwosari, pasar tekstil Beteng Trade Center atau BTC Solo akhirnya diperbolehkan buka kembali mulai Kamis (23/7/2020).

Hal itu berdasarkan surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo Ahyani tertanggal 22 Juni 2020.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Surat perihal layanan operasional kegiatan Beteng Trade Center itu ditujukan kepada Direktur PT Andalan Propertindo selaku pengelola BTC. Sebelumnya, berdasarkan surat yang juga ditandatangani Ahyani pada 16 Juli, BTC harus ditutup selama sepekan yakni 16-22 Juli 2020.

Tak Hanya Nakes, Staf Administrasi RSUD dr Moewardi Solo Juga Ikut Tertular Covid-19

Berdasarkan ketentuan tersebut, operasional Beteng Trade Center Solo dapat buka kembali mulai 23 Juli 2020 berdasarkan hasil survei ulang oleh Tim Supervisi.

Kendati sudah boleh dibuka dan dipakai untuk aktivitas berjualan lagi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menekankan beberapa hal yang wajib dilakukan PT Andalan Propertindo. Beberapa hal itu terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pertama, terkait pemakaian masker dengan benar bagi semua karyawan, pedagang, maupun pengunjung. Kedua, menyediakan alat pengecekan suhu tubuh, ketiga, menyediakan tempat cuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun.

Harta Kekayaan Cawabup Sukoharjo Agus Santosa: Ada Motor Kawasaki Senilai Rp105 Juta

Keempat, manajemen Beteng Trade Center Solo setelah diperbolehkan buka kembali mesti menyediakan cairan penyanitas tangan atau hand sanitizer. Kelima, mengatur jarak aman minimal 1 meter (physical distancing).

Edukasi Pencegahan Covid-19

Keenam, melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala, lalu memasang penanda atau poster/banner edukasi pencegahan Covid-19. Berikutnya menolak karyawan, pedagang maupun pengunjung yang tidak memakai masker. Terakhir, menyediakan layanan pesan antar online.

Paspampres Pengawal Gibran Ditambah Seusai Amankan Rekomendasi Cawali Solo?

Sementara itu, selain Beteng Trade Center atau BTC Solo, informasi yang diperoleh Solopos.com, dua hotel yang ditutup karena ada delapan tamu positif Covid-19 juga diperbolehkan buka kembali. Namun, Ahyani belum bisa diminta konfirmasi mengenai hal ini.

Sebagaimana diberitakan, BTC dan dua hotel berbintang di Kota Solo ditutup sepekan mulai tanggal yang sama yakni 16 Juli 2020. Artinya seharusnya dua hotel itu juga sudah diperbolehkan buka lagi mulai 23 Juli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya