SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Pada akhir tahun ini Indonesia akan memiliki 30 juta dosis vaksin Covid-19 dan pada 2021 akan terdapat sekitar 300 juta dosis vaksin untuk menangkal virus corona.

Kabar gembira terkait vaksin corona itu disampaikan Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Jadi kurang lebih InsyaAllah pada akhir tahun ini terdapat 30 juta vaksin, dan pada tahun 2021 terdapat 300 juta vaksin," ujar Erick Thohir dalam orasi ilmiah virtual di Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jumat (11/9/2020).

Rapid Test Massal di Sukoharjo Sasar 500 ASN dan Warga

Ekspedisi Mudik 2024

Erick Thohir mengatakan vaksin Covid-19 tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Sinovac. Dan yang bila memang uji klinis III berjalan baik, kata dia, Indonesia sudah mendapatkan komitmen vaksin 20 juta dosis vaksin pada akhir tahun ini.

Menggalang Kerja Sama dengan UEA

Lalu pada tahun 2021 Indonesia telah mendapatkan komitmen kurang lebih 250 juta dosis vaksin Covid-19.

"Tidak berhenti di situ, kita juga terus menggalang kerja sama dengan G42 Uni Emirat Arab (UAE), negara tersebut juga bekerja sama dengan Kimia Farma dan Alhamdulillah mendapatkan komitmen vaksin 10 juta dosis pada akhir tahun ini," kata Erick Thohir.

Lebih lanjut, Erick Thohir menyebut pada kuartal pertama tahun 2021 akan terdapat 50 juta dosis vaksin.

Diganjar Penghargaan Muri, Begini Pesan Dokter Lo untuk Dokter Muda

Dalam kesempatan itu, Erick Thohir mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Unpad yang terus bekerja sama dengan Bio Farma terkait penyediaan vaksin tersebut.

Selain itu, dia juga menambahkan akan melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk memastikan proses vaksin tersebut halal.

Mengingat, ungkap Erick, hal ini harus menjadi prioritas.

Sebelumnya, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menargetkan Indonesia mendapat vaksin Covid-19 sebanyak 290 juta pada tahun depan dengan 30 juta di antaranya ditargetkan untuk tahun ini.

Ada 6 Kampung Unik di Solo, Nomor 1 Kerap Buat Selfie

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya