SOLOPOS.COM - Harper Lee bersama George Bush. (JIBI/Reuters/Larry Downing/Files

Kabar duka datang dari dunia sastra AS.

Solopos.com, LONDON – Penulis buku To Kill a Mockingbird Harper Lee meninggal dunia. Lee meninggal di usia 89 tahun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penulis asal Amerika Serikat itu meninggal dalam tidurnya. Sebuah pernyataan dari Tonja Carter, pengacara Lee di kota kelahirannya di Monroeville, Alabama, mengatakan bahwa kematian Lee tak terduga.

Seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (20/2/2016), akan dilakukan pemakaman pribadi untuk Lee namun belum diumumkan tanggalnya.

Penulis yang memiliki nama lengkap Nelle Harper Lee itu menerbikan buku To Kill a Mockingbird pada tahun 1960 yang mengantarkannya meraih Hadiah Pulitzer pada tahun 1961 untuk karya fiksi.

Ungkapan belasungkawa juga disampaikan mantan editor sastra The Times, Erica Wagner. Menurutnya, Harper Lee telah mengubah banyak warga Amerika bahkan dunia bagaimana melihat ke Selatan.

“Beberapa penulis memiliki hak istimewa untuk membuat karakter yang benar-benar tampak melompat dari halamannya dan hidup. Lee akan selalu dikenal sebagai salah satu dari mereka,” kata Wagner.

CEO Apple, Tim Cook, juga menyatakan ungkapan dukanya lewat akun Twitternya. “Istirahat dalam damai, Harper Lee. Satu hal yang tak mematuhi aturan mayoritas adalah nurani seseorang,” ujar Cook.

Penulis pernah mendapat penghargaan Presidential Medal of Freedom pada 2007 dari mantan Presiden AS George W Bush. Bush kala itu menggambarkan Lee sebagai novelis legendaris dan wanita yang cantik.

Lee lahir pada 1962 di Monroeville, Alabama. Dia adalah bungsu dari empat bersaudara putri pengacara Amasa Coleman Lee dan Frances Cunningham Finch Lee.

Harper Lee dikenal sebagai pribadi yang tertutup, dihormati dan dilindungi oleh warga kotanya. Ia juga terkenal sangat jarang mau diwawancara media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya