SOLOPOS.COM - Maulwi Saelan (Okezone)

Maulwi Saelan meninggal dunia.

Solopos.com, JAKARTA – Kabar duka menyelimuti persepakbolaan Indonesia. Mantan kiper Tim Garuda, Maulwi Saelan, meninggal dunia di Rumah Sakit Pertamina, Senin (10/10/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

[Baca Juga: Maulwi Saelan, Ajudan Soekarno, Meninggal Dunia]

Ekspedisi Mudik 2024

Maulwi dikenal sebagai pesepak bola nasional yang beroperasi sebagai penjaga gawang. Dikutip dari Okezone, Maulwi pernah membuat aksi heroik kala membela Timnas di ajang Olimpiade 1956, Melbourne, Australia. Kala itu, Indonesia harus melawan salah satu kekuatan sepak bola dunia, Uni Soviet.

Skuat Uni Soviet yang bermaterikan pemain bintang seperti  Igor Netto, Sergei Salnikov, dan Boris Tatushin tak mampu menjebol gawang Indonesia yang dijaga Maulwi. Pad pertandingan leg pertama itu, Indonesia mampu menahan imbang Uni Soviet dengan skor 0-0.

Pertandingan pun belranjut ke leg kedua. Di sini, Indonesia tak lagi mampu menahan gempuran sang lawan dan menyerah 0-4. Kendati demikian, perjuangan Tim Garuda tetap dikenang terutama aksi heroik Maulwi yang mampu menahan serangan-serangan Indonesia.

Maulwi juga berkontribusi saat Indonesia bermain di ajang Asian Games 1958. Kala itu, Tanah Air mampu menembus empat besar ajang itu dan berhak mendapatkan medali perunggu. Prestasi ini belum lagi bisa disamai oleh Timnas Indonesia di era sekarang.

Di persepakbolaan Indonesia, Maulwi juga tercatat pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI periode 1964-1970. Tak hanya itu, dia juga dikenal sebagai pejuang kemerdekaan RI dan pernah menjadi ajudan Ir. Soekarno, Presiden pertama Indonesia.

Kini, sosok yang lahir di Makassar pada 8 Agustus 1926 itu telah wafat. Dia dikebumikan di Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (11/10/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya