SOLOPOS.COM - Jenazah Ki Ledjar Subroto, sang pelestari wayang kancildisemayamkan di rumah duka, di Jalan Mataram, Sosrokusuman, Suryatmajan, Danurejan Sabtu (23/9/2017). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Ki Ledjar Subroto, sang pelestari wayang kancil wafat di Rumah Sakit Panti Rapih, Sabtu (23/9).

Harianjogja.com, JOGJA -Ki Ledjar Subroto, sang pelestari wayang kancil wafat di Rumah Sakit Panti Rapih, Sabtu (23/9/2017). Ia meninggal dunia dalam usia 79 tahun karena sesak napas sekitar pukul 11.55 WIB.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Kabar duka almarhum ini sempat mengagetkan keluarganya, karena selama ini Ledjar jarang mengeluh sakit, “Semalam masih mau makan sampai nambah tiga kali,” ujar Lastri, keponakan Ki Ledjar.

Ledjar selama ini tinggal bersama keponakannya tersebut karena tidak memiliki anak. Ia tinggal di rumah sederhana di Jalan Mataram, Sosrokusuman, Suryatmajan, Danurejan.

Beberapa jam sebelum meninggal, Ledjar sudah tidak mau makan dan minum, bahkan keluaganya sempat memanggil dokter. Kemudian disarankan untuk dibawa ke rumah sakit. “Sampai rumah sakit masih bernafas dengan alat bantuan pernafasan kemudian meninggal pukul 11.55 WIB,” katanya.

Lastri mengaku sejak kecil tinggal bersama pakdenya tersebut. Sejak saat itu pula ia mengenal Ledjar sebagai sosok yang tak kenal lelah. Hampir sepanjang malam Ledjar menghabiskan waktunya menatah wayang dan menerima tamu. Ia hanya istirahat mulai sekitar pukul 05.00-11.00 WIB. Selebihnya kembali beraktivitas.

Sejumlah tamu yang datang ke rumahnya, selain seniman, sebagian besar adalah para peneliti dan tugas-tugas kuliah seputar pedalangan dan pewayangan.

Sejak siang hingga sore hari ini, rumah Ledjar dipadati dengan para pelayat. Jenazah almarhum rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Kuncen Wirobrajan, besok Minggu (24/9/2017), sekitar pukul 10.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya