SOLOPOS.COM - Jack King di ruang bernama Firing Room pada Pusat Kendali Peluncuran di Pusat Antariksa Kennedy. Di ruangan itu Jack King menyampaikan informasi Apollo 12, misi kedua mendarat di Bulan pada 14 November 1969. (Antara/NASA)

Kabar duka datang dari NASA.

Solopos.com, JAKARTA —  Pemberi suara saat peluncuiran Apollo 11 tahun 1969, Jack King meninggal dunia. Jack “Suara Apollo” King yang menjadi pemberi suara pada peluncuran Apollo 11 ke bulan dan wahana-wahana ruang angkasa berikutnya meninggal Jumat (12/6/2015) waktu Amerika Serikat,

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jack merupakan pemberi suara saat peluncuran wahana Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Jack meninggal dunia dalam usia 84 tahun.

Pria itu terkenal dengan kalimat hitung mundurnya sebelum sebuah wahana ruang angka melesat ke angkasa lepas.

Salah satu kalimatnya yang terkenal adalah saat peluncuran Apollo 11 berikut, “Lift-off! We have a lift-off… 32 minutes past the hour. Lift-off on Apollo 11

Kalimat yang menandai awal Apollo 11 melesat ke udara untuk mencapai Bulan itu terlontar dari mulut Jack King pada pagi 16 Juli 1969.

King, yang bertugas selama 12 tahun sebagai kepala informasi publik NASA, telah memandu peluncuran Mercury, Gemini, dan Apollo lewat suara monumentalnya itu.

“Jack telah membantu membangun sistem asli yang memastikan media menerima dengan tepat waktu dan akurat informasi mengenai baik program awal penerbangan manusia  (ke luar angkasa) maupun misi-misi tanpa awak,” kata Hugh Harris, pensiunan direktur humas pada Pusat Antariksa Kennedy di Florida seperti diberitakan Space.com dan dikutip Kantor Berita Antara, Senin (15/6/2015).

Dalam posisinya itu, King menjadi “suara menara kontrol” bagi hampir setiap penerbangan ruang angkasa berawak AS sejak  misi Gemini 4 pada 50 tahun silam sampai  pendaratan keempat di bulan oleh Apollo 15.

King direkrut NASA pada 1960 dari sebelumnya wartawan pada kantor berita Associated Press.

“Tantangan pertama saya (sebagai manajer operasi pers pada NASA) adalah bersiap menghadapi gempuran media, begitu peluncuran berawak dimulai,” kata King suatu ketika kepada penulis Billy Watkins untuk buku, Apollo Moon Missions: The Unsung Heroes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya