SOLOPOS.COM - Umberto Eco. (JIBI/Reuters/Andrea Comas)

Kabar duka datang dari Italia saat filsuf Umberto Eco meninggal di usia 84 tahun.

Solopos.com, ROMA – Filsuf Italia, Umberto Eco, meninggal dunia Jumat (19/2/2016) malam. Tokoh yang juga dikenal sebagai sastrawan ini diduga meninggal akibat kanker.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Eco meninggal di usia 84 tahun. Eco lahir di kota Alessandria, di sebelah utara Italia pada 5 Januari 1932. Ia adalah putera seorang akuntan lokal.

Ayahnya ingin Eco menjadi seorang pengacara, tetapi ia justru memilih belajar filsafat di Universitas Turin. Di sana ia belajar tentang pemikiran dan sastra Eropa dari abad pertengahan.

Salah satu karya Eco yang termasyur adalah novel The Name of the Rose yang bercerita detektif yang mengambil latar sebuah biara tua di abad pertengahan di Eropa terbit pada 1980. Kisah itu diangkat ke layar lebar pada 1986.

Sebelum menerbitkan novelnya, Eco hanya dikenal di kalangan para intelektual kampus dan telah menulis sekitar 20 buku tentang sastra dan filsafat.

“Dia adalah contoh intelektualisme Eropa, memadukan kecerdasan dari masa silam dengan kemampuan besar untuk mengantisipasi masa depan,” kata Perdana Menter Italia, Matteo Renzi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya