SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kabar duka datang dari Indonesianis dari Cornell University yang termasyhur, Ben Anderson. Dia meninggal dunia hari ini di Batu.

Solopos.com, MALANG — Benedict Richard O’Gorman Anderson (Ben Anderson), seorang Indonesianis (pakar tentang Indonesia) asal Universitas Cornell, Amerika Serikat, meninggal dunia di Batu, Jawa Timur. Ben meninggal dunia diduga disebabkan serangan jantung.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Sub Bagian Humas Polres Kota Batu, AKP Waluyo, mengatakan polisi sudah melakukan olah tempat kejadian perkara. Secara pasti belum dapat disimpulkan, namun dugaan sementara karena serangan jantung. “Keluarga menolak almarhum diautopsi,” ujarnya dihubungi di Malang, Minggu (13/12/2015).

Dia menceritakan, informasi yang dihimpun menyebutkan almarhum pada Sabtu (12/12/2015) beraktivitas sekitar pukul 20.00 WIB dan selanjunya beristirahat di Hotel Orchid kamar 143 bersama asisten Edward Hasudungan Malik dan sopirnya, Sugito. Setelah ketiganya tertidur, sekitar pukul 23.00 WIB, asistennya mendengar suara almarhum mendengkur.

Dia lalu berusaha membangunkan Ben Anderson, namun tidak ada respons. Karena itulah, dia lalu meminta tolong petugas hotel untuk memnaggilkan bantuan ambulan. Ben yang berkewarganegaraan Irlandia itu kemudian dibawa ke RS Baptis Kota Batu untuk dirawat.

Namun hasil pemeriksaan dokter disimpulkan bahwa ahli politik yang terkenal dengan buku berjudul Imagined Community itu telah meninggal dunia. Edward langsung mengabari keluarga mendiang Ben Anderson di Amerika Serikat. Pihak keluarga menolak kremasi dan jenazah selanjutnya disemasayamkan di Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya