Kabar Baik, Pemkab Sragen Siapkan KUR Daerah dengan Bunga 3% per Tahun

Pemkab Sragen akan menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) daerah untuk dukungan permodalan UMKM. Bunganya hanya 3 persen per tahun.

 Seorang pelaku UMKM asal Gilirejo, Kecamatan Miri, Sragen, Sholihin, (dua dari kanan) mendapatkan doorprize sepeda gunung saat acara gathering Gayeng Bareng UMKM Sragen di Gedung Sasana Langen Putra Sragen, Selasa (5/7/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Seorang pelaku UMKM asal Gilirejo, Kecamatan Miri, Sragen, Sholihin, (dua dari kanan) mendapatkan doorprize sepeda gunung saat acara gathering Gayeng Bareng UMKM Sragen di Gedung Sasana Langen Putra Sragen, Selasa (5/7/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com SRAGEN — Pemkab Sragen segera menggulirkan kredit usaha rakyat (KUR) daerah khusus bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Plafon kreditnya sampai Rp100 juta dengan bunga hanya 3% per tahun.

Sebenarnya bunganya sampai 11%, tetapi disubsidi Pemkab Sragen sampai 8% per tahun. Rencana penyaluran KUR daerah itu masih digodok sebagai implementasi program pendampingan UMKM dengan alokasi anggaran Rp10 miliar per tahun.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Program tersebut akan menjadi program unggulan pemerintahan Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wakil Bupati Suroto.

Program KUR daerah itu diungkapkan Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Tugiyono, saat ditemui wartawan di sela-sela acara Gayeng Bareng UMKM Sragen di Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS) Sragen, Selasa (5/7/2022).

Dalam kesempatan itu, Tugiyono sempat menyerahkan hadiah doorprize sepeda gunung kepada pelaku UMKM asal Gilirejo, Kecamatan Miri, Sragen.

Baca Juga: Sragen Punya 69.050 UMKM, yang Ramah Digital Sedikit Sekali

“Untuk akses permodalan bagi UMKM, Pemkab menggandeng Bank Djoko Tingkir Sragen akan menggulirkan KUR daerah pada 2023. Pemkab akan memberikan subsidi bunga kepada pelaku UMKM yang membutuhkan permodalan lewat KUR daerah,” ujarnya.

Akan ada seleksi dan verifikasi UMKM yang ingin mengakses KUR daerah. Proses seleksi dan verifikasi ini dilakukan oleh pihak bank. Sebagai pilot project, Pemkab menggandeng Bank Djoko Tingkir.

Tugiyono menyampaikan KUR daerah merupakan salah satu strategi Pemkab Sragen untuk mengembangkan UMKM. Strategi lainnya adalah dengan menggerakkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mendampingi UMKM.

Ada juga lewat digitalisasi pemasaran dengan menghadirkan aplikasi UMKM Bangkit yang digagas Bank Djoko Tingkir bersama Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Sragen.

Baca Juga: 800 Pengusaha di Sragen Siap Go Digital Via Aplikasi UMKM Bangkit

Melalui aplikasi UMKM Bangkit yang bisa diunduh di Playstore itu bisa terpotret daya saing UMKM Sragen di tingkat lokal. Setelah mampu bersaing, skalanya akan ditingkatkan ke level nasional sampai ekspor.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

      + PLUS Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

      Penerbitan Keputusan Presiden tentang Pembentukan Tim Penyelesaian Nonyudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu bisa menjadi antiklimaks penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM berat pada masa lalu.

      Berita Terkini

      Walah, Proyek Rel Layang Joglo Solo Munculkan Lokasi Kemacetan Baru

      Pengerjaan tahap II proyek rel layang memunculkan lokasi kemacetan baru di Simpang Tujuh Joglo, Banjarsari, Solo.

      Penjual Jamu di Nguter Sukoharjo Bungah Banget, Ini Penyebabnya

      Bahan baku jamu tradisional di Sukoharjo terbilang mencukupi  meskipun beberapa diambilkan dari daerah lain. Oleh karena itu, penjual bahan baku jamu tidak perlu mengimpor untuk mencukupi kebutuhan penjualan.

      Ada Fashion Show Batik Ciprat Karya Disabilitas di Karnaval Wonogiri

      Batik ciprat buatan penyandang disabilitas asal Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, turut ditampilkan saat karnaval kebangsaan di Kecamatan Kismantoro, Kamis (18/8/2022).

      Soto Budhe Djiman Boyolali, 31 Tahun Gratis untuk Anak Yatim Piatu

      Pasangan suami istri pemilik Warung Soto Budhe Djiman, Jiman, dan Sri Arbaini, selalu menggratiskan makan dan minum bagi anak yatim, piatu, dan yatim piatu sejak tahun 1991.

      Pengusutan Jual Beli Lahan Bong Mojo Solo Lanjut, Ada Tersangka Lain?

      Meski sudah menetapkan dua tersangka, penyidik Polresta Solo memastikan penyidikan kasus jual beli lahan makam Bong Mojo masih terus berlanjut.

      Soal Sriwedari Solo, Gibran Disarankan Konsultasi ke Kementerian Ini

      Pemkot Solo disarankan untuk berkonsultasi ke pemerintah pusat sebelum melakukan upaya penataan di lahan kawasan Sriwedari.

      Banyak Ditemukan di Wonogiri Bagian Selatan, Ini Manfaat Tanaman Sorgum

      Wonogiri bagian selatan dinilai menjadi sentra produksi tanaman sorgum.

      Murah dan Segar Soto Kuah Rempah Budhe Djiman di Nogosari Boyolali

      Menikmati kuliner legendaris yakni Warung Soto Budhe Djiman milik Jiman yang berdiri sejak 1991 di Dusun Nogosari Baru, Desa Glonggong, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali.

      Tersangka Ungkap Alasannya Nekat Jual Lahan Makam Bong Mojo Solo

      Dua tersangka, S dan G, mengungkapkan alasannya nekat jual lahan Bong Mojo yang merupakan aset Pemkot Solo.

      Produktivitas Kedelai Lebihi Target, Cawas Dilirik Jadi Soybean Village

      Kecamatan Cawas digadang-gadang menjadi soybean village, perkampungan yang mengembangkan kedelai dari hulu hingga hilir.

      Asal Usul Kenapa Kaki Gunung Lawu di Karanganyar Dinamakan Tawangmangu

      Asal usul kenapa wilayah kaki Gunung Lawu di Karanganyar dinamakan Tawangmangu tak lepas dari sejarah tentang Raden Mas Said alias Pangeran Sambernyawa.

      Ditetapkan, Ini 2 Tersangka Kasus Jual Beli Lahan Makam Bong Mojo Solo

      Polresta Solo menetapkan dua orang berinisial S dan G sebagai tersangka dalam kasus jual beli lahan makam Bong Mojo, Jebres, Solo.

      Produksi Sorgum di Wonogiri Menurun, Kini Tak Sampai 1.000 Ton/Tahun

      Produksi tanaman sorgum di Wonogiri cenderung turun dari tahun ke tahun.

      Diduga Karena PKH Mau Cair, Harga Telur di Karanganyar Naik Lagi

      Harga telur di Pasar Jungke, Karanganyar, naik terus dalam sepekan ini. Diduga hal ini ada kaitannya dengan rencana pemerintah mencairkan bantuan program keluarga harapan (PKH).

      Wah! 86 Lokasi Dibor untuk Fondasi Pilar Jembatan Rel Layang Joglo Solo

      Pembangunan rel layang di Simpang Joglo, Solo, memasuki tahap II di mana pelaksana mulai mengebor 86 lokasi untuk fondasi pilar jembatan.

      Air Umbul Manten Klaten untuk Budi Daya Ikan, Hasilnya Mengejutkan

      Umbul Manten terletak di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.