Kabar Baik! Pasien Sembuh dari Covid-19 Klaten Tambah 3
Pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten dipulangkan setelah dinyatakan sembuh, Jumat (22/5/2020). (Istimewa/Humas RSST Klaten)

Solopos.com, KLATEN – Sebanyak tiga pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten dinyatakan sembuh, Jumat (22/5/2020). Dari tiga pasien itu, dua pasien diperbolehkan pulang namun satu pasien masih harus menjalani rawat inap di RSST.

Kabar sembuhnya tiga pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSST itu diumumkan Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, Jumat.

“Kabar baik, hari ini ada tiga pasien positif Covid-19 yang sembuh berinisial TH berasal dari Kecamatan Juwiring, SHS dari Kecamatan Klaten Utara dan TR dari Kecamatan Ngawen. TH berasal dari Klaster Gowa,” kata Cahyono.

Ketiga pasien itu yakni pria berinisial TH, 45, asal Kecamatan Juwiring sudah dirawat sejak 18 April 2020. Kemudian, lelaki berinisial SHS, 72, asal Kecamatan Klaten Utara dirawat di RSST sejak 24 April 2020.

Valentino Rossi Tak Mau Numpang Pensiun di Tim Baru

Selain itu ada, pasien berinsial TR, seorang laki-laki berumur 47 tahun asal Kecamatan Ngawen. Ia dirawat di RSST Klaten sejak 26 April 2020. Ketiga pasien itu melakukan dua uji swab terakhir pada tanggal 6 Mei dan 8 Mei dan menunjukkan hasil negatif Covid-19.

Dari ketiga pasien sembuh Covid-19 di Klaten itu, hanya TH dan TR yang diperbolehkan pulang ke rumah. Keduanya tetap harus mematuhi protokol kesehatan serta melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari.

Sedangkan, satu pasien berinisial SHS masih menjalani perawatan di RSST Klaten untuk pengobatan penyakit lain.

Jalani Rawat Inap

Dengan tambahan tiga pasien positif Covid-19 di RSST yang dinyatakan sembuh tersebut, jumlah pasien Covid-19 di Klaten yang sudah sembuh sebanyak 15 orang. Hingga kini, tak ada kasus pasien positif Covid-19 meninggal dunia. Sementara, pasien positif yang masih dirawat sebanyak enam orang.

Begini Rutinitas Nakes Wonogiri Saat Tangani Pasien Covid-19

Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSST Klaten, Juli Purnomo, mengatakan jumlah total enam pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSST, sebanyak empat pasien dinyatakan sembuh.

“Kemarin [Selasa] sudah dinyatakan sembuh satu orang. Hari ini [Jumat] sembuh tiga orang. Dari empat orang, sebanyak tiga orang sudah bisa pulang,” kata Juli saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Satu pasien yang dinyatakan sembuh masih menjalani rawat inap di RSST untuk penyembuhan penyakit lain (selain Covid-19).

“Kalau tidak salah [penyakit lain pasien berinisial SHS] PPOK [penyakit paru obstruktif kronis]. Saat ini posisi pasien [SHS] masih di ruang isolasi. Hla klan belum sembuh, takutnya kalau tidak di ruang isolasi nanti menularkan ke orang lain,” jelas Juli.

Juli mengatakan selain faktor pengobatan, kesembuhan pasien tergantung pada ketahanan tubuh pasien. “Kunci [kesembuhan] itu menjaga ketahanan tubuh. Karena virus ini self limiting disease. Bisa sembuh sendiri asal daya tahan tubuh bagus,” urai Juli.

Rapid Test Massal di Pusat Perbelanjaan di Solo, Kapan Hasilnya Keluar?


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho