Kabar Baik, BOR Rumah Sakit Covid-19 di Karanganyar Mulai Turun

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar sudah mulai turun.

 Tenaga kesehatan melintas di depan lorong bangsal isolasi pasien Covid-19 di RSUD Karanganyar beberapa waktu lalu. (Candra Putra Mantovani/Solopos)

SOLOPOS.COM - Tenaga kesehatan melintas di depan lorong bangsal isolasi pasien Covid-19 di RSUD Karanganyar beberapa waktu lalu. (Candra Putra Mantovani/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar sudah mulai turun. Diharapkan tren penurunan kasus pasien yang dirawat di rumah sakit terus terjadi.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, Dwi Rusharyanti, mengatakan hingga Sabtu (31/7/2021), tingkat keterisian di delapan rumah sakit rujukan Covid-19 Karanganyar sudah di angka 67 persen dari total 318 unit tempat tidur yang disediakan. Sehingga, total tempat tidur yang tersedia saat ini masih tersisa sebanyak 160 unit.

“Alhamdulillah, sudah tiga hari ini mengalami penurunan untuk BOR. Per kemarin itu sekitar 67 persen. Semoga saja trennya menurun terus untuk jumlah pasien [Covid-19] yang dirawat di rumah sakit,” ungkap dia kepada Solopos.com, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Ayem, Pemkab Karanganyar Jamin Ketersediaan Oksigen Medis untuk Warga

Kasus Baru Kebanyakan OTG

Menurut Dwi, BOR di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar pada pekan sebelumnya berada di angka 80 persen. Dari delapan rumah sakit yang digandeng, RSUD Karanganyar dan RS PKU Muhammadiyah Karanganyar merupakan yang terbanyak. Di kedua rumah sakit tersebut BOR mencapai 90 persen hingga 100 persen setiap harinya.

“Iya sempat tinggi kemarin itu, tapi sekarang sudah mulai turun yang dirawat di rumah sakit di Karanganyar. Paling tinggi ya RSUD Karanganyar dan PKU Muhammadiyah Karanganyar,” imbuh dia.

Baca Juga: Wamen Perdagangan: Akselerasi Vaksinasi Percepat Pemulihan Ekonomi

Dwi menuturkan, berkurangnya jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan karena kebanyakan kasus baru merupakan kategori orang tanpa gejala (OTG). Sehingga, para pasien baru tersebut diarahkan untuk menjalani isolasi mandiri.

“Kalau sekarang kebanyakan kan OTG. Jadi mereka isolasi mandiri. Itu yang kemungkinan menyebabkan turunnya BOR di rumah sakit,” ungkap dia.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun Soloppos.com dari lama instagram @dinkeskaranganyar per Sabtu (31/7/2021), total pasien aktif Covid-19 di Karanganyar masih berada di angka 1.349 orang dengan rincian 250 orang menjalani rawat inap dan 1.099 orang menjalani isolasi mandiri. Sebanyak 16.385 orang dinyatakan sembuh dan 957 orang meninggal dunia.

Berita Terkait

Espos Premium

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Pemimpin Uni Soviet, Nikita Khruschev, menilai aksi militer oleh PKI dengan G30S/PKI adalah kecerobohan karena tidak memahami situasi politik aktual di Indonesia. Media-media Uni Soviet menyebut PKI beraksi atas arahan pemimpin China, Mao Zedong.

Berita Terkini

Selain Bhre-Paundra, Sosok Ini Dinilai Layak Pimpin Mangkunegaran Solo

Selain Bhre dan Paundra yang merupakan putra Mangkunagoro IX, ada sosok lain yang dianggap layak memimpin Pura Mangkunegaran Solo.

Agrowisata Desa Pasung Klaten Punya Koleksi 1.000 Lebih Tanaman Buah

Desa Pasung, Kecamatan Wedi, Klaten mengembangkan agrowisata, sejak empat tahun terakhir. Hingga sekarang, Desa Pasung telah memiliki lebih dari 1.000 tanaman buah.

Ngeri! Ratusan Sarang Tawon Vespa Diamankan Damkar Wonogiri

Ratusan sarang tawon vespa di Wonogiri telah dievakuasi anggota damkar dalam kurun waktu Januari hingga September 2021.

Solo Tuan Rumah Liga 2, Ini Pesan Gibran untuk Suporter

Pasoepati dan warga Solo, diminta menjadi tuan rumah yang baik terkait penyelenggaraan pertandingan Grup C Liga 2 tahun 2021 di Stadion Manahan.

Bupati Wonogiri Beri Sinyal Siswa Boleh Naik Angkot Saat PTM

Saat pembelajaran tatap muka (PTM) nanti berlangsung, siswa di Wonogiri akan diperkenankan naik transportasi umum.

Akibat Korsleting Listrik, Kandang Kambing di Sambirejo Sragen Hangus

Kebakaran menghanguskan kandang kambing milik, Pranoto, 45, warga Jatirejo RT 004, Blimbing, Sambirejo, Sragen.

Siap-Siap, Disdik Kota Solo akan Tes Covid-19 Acak di Sekolah

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo berencana mengadakan uji swab deteksi Covid-19 secara acak (random test) terhadap warga sekolah.

Ciamik! Colomadu Dirancang Jadi Solo Baru-nya Karanganyar

Bupati Karanganyar berencana menjadikan Kecamatan Colomadu sebagai pusat industri dan perdagangan selayaknya Solo Baru.

Jos, Atlet Jateng dari UTP Solo Juara Umum Kickboxing PON Papua

Atlet kickboxing Jawa Tengah (Jateng) meraih juara umum di PON XX Papua merupakan mahasiswa UTP Solo.

Rasa Teh di Solo Ternikmat No Debat, Sepakat?

Teh ginastel di Kota Solo yang diracik dengan mengoplos berbagai merek merupakan sajian kuliner khas ternikmat, sepakat?

Melihat Bayangan Seperti Makhluk Gaib di CCTV, Warga Wonogiri Trauma

Kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) yang terpasang di rumah pengusaha properti di Wonogiri merekam bayangan hitam.

Sambil Nglarisi Bakul, Bupati Sukoharjo Sosialisasi Prokes

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani memiliki cara tersendiri untuk menyosialisasikan protokol kesehatan kepada pedagang di pasar tradisional.

Jos! Vaksinasi Covid-19 di Desa Sidomulyo Boyolali Capai 75%

Warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali, antusias dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. Hal itu terbukti dengan capaian vaksinasi yang menembus angka 75%.

Kebakaran Pasar Janglot Sragen: 50 Kios Kobong, Rp4,1 Miliar Melayang

Nilai kerugian akibat kebakaran di Pasar Janglot Sragen, Jawa Tengah, Minggu (26/9/2021) diperkirakan mencapai Rp4,1 miliar.

Saingan Ketat CPNS Solo: SKD Tinggi, Diambil 3 Orang Per Formasi

Tes CPNS untuk pegawai Pemkot Solo kali ini memiliki daya saing yang sangat tinggi karena rata-rata peserta meraih nilai tinggi di atas passing grade.