Kabar Baik, BOR Rumah Sakit Covid-19 di Karanganyar Mulai Turun

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar sudah mulai turun.

 Tenaga kesehatan melintas di depan lorong bangsal isolasi pasien Covid-19 di RSUD Karanganyar beberapa waktu lalu. (Candra Putra Mantovani/Solopos)

SOLOPOS.COM - Tenaga kesehatan melintas di depan lorong bangsal isolasi pasien Covid-19 di RSUD Karanganyar beberapa waktu lalu. (Candra Putra Mantovani/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar sudah mulai turun. Diharapkan tren penurunan kasus pasien yang dirawat di rumah sakit terus terjadi.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, Dwi Rusharyanti, mengatakan hingga Sabtu (31/7/2021), tingkat keterisian di delapan rumah sakit rujukan Covid-19 Karanganyar sudah di angka 67 persen dari total 318 unit tempat tidur yang disediakan. Sehingga, total tempat tidur yang tersedia saat ini masih tersisa sebanyak 160 unit.

“Alhamdulillah, sudah tiga hari ini mengalami penurunan untuk BOR. Per kemarin itu sekitar 67 persen. Semoga saja trennya menurun terus untuk jumlah pasien [Covid-19] yang dirawat di rumah sakit,” ungkap dia kepada Solopos.com, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Ayem, Pemkab Karanganyar Jamin Ketersediaan Oksigen Medis untuk Warga

Kasus Baru Kebanyakan OTG

Menurut Dwi, BOR di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar pada pekan sebelumnya berada di angka 80 persen. Dari delapan rumah sakit yang digandeng, RSUD Karanganyar dan RS PKU Muhammadiyah Karanganyar merupakan yang terbanyak. Di kedua rumah sakit tersebut BOR mencapai 90 persen hingga 100 persen setiap harinya.

“Iya sempat tinggi kemarin itu, tapi sekarang sudah mulai turun yang dirawat di rumah sakit di Karanganyar. Paling tinggi ya RSUD Karanganyar dan PKU Muhammadiyah Karanganyar,” imbuh dia.

Baca Juga: Wamen Perdagangan: Akselerasi Vaksinasi Percepat Pemulihan Ekonomi

Dwi menuturkan, berkurangnya jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan karena kebanyakan kasus baru merupakan kategori orang tanpa gejala (OTG). Sehingga, para pasien baru tersebut diarahkan untuk menjalani isolasi mandiri.

“Kalau sekarang kebanyakan kan OTG. Jadi mereka isolasi mandiri. Itu yang kemungkinan menyebabkan turunnya BOR di rumah sakit,” ungkap dia.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun Soloppos.com dari lama instagram @dinkeskaranganyar per Sabtu (31/7/2021), total pasien aktif Covid-19 di Karanganyar masih berada di angka 1.349 orang dengan rincian 250 orang menjalani rawat inap dan 1.099 orang menjalani isolasi mandiri. Sebanyak 16.385 orang dinyatakan sembuh dan 957 orang meninggal dunia.

Berita Terkait

Espos Premium

Samudra Biru Penjara

Samudra Biru Penjara

Keahlian kunci merehabilitasi narapidana ternyata berada di luar ranah kementerian yang bertanggung jawab atas eksistensi dan pengelolaan penjara.

Berita Terkini

Vaksinasi Buruh Wonogiri Capai 85%, Sejumlah Perusahaan Masih Antre Vaksin

Vaksinasi kepada buruh belum sepenuhnya selesai karena ada beberapa perusahaan yang belum menggelar vaksinasi.

5 Jabatan Kepala OPD Pemkot Solo Masih Kosong, Kapan Pengisiannya?

Pematangan SOTK baru sedang diproses oleh Bagian Organisasi bersama legislatif dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

2 Pemuda Karanganyar yang Ditangkap BNNP DIY Ternyata Edarkan Sabu-Sabu Pasokan Napi Lapas Sragen

Dua pemuda Karanganyar yang menjadi kurir sabu-sabu memperoleh barang haram tersebut dari bandar yang merupakan napi Lapas Sragen.

Ini Alasan Sekeluarga Tidur di Warung Wedangan Kartasura Tolak Tawaran Tinggal di Rusunawa

Bupati Sukoharjo melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada satu keluarga pasutri pedagang kaki lima (PKL) wedangan di depan SMP Negeri 3 Kartasura ini.

Belum Sempat Bertemu Pembeli, 2 Kurir Sabu-Sabu Asal Karanganyar Diringkus BNNP DIY

Dua pemuda asal Karanganyar dibekuk BNNP DIY saat hendak bertransaksi sabu-sabu di jalan raya Solo-Jogja di wilayah Sleman.

Keren, 3 Warga Sragen Ini Ambil Bagian dalam PON XX 2021 di Papua

Dua atlet dan satu asisten pelatih itu dilepas Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, di Ruang Transit, Setda Pemkab Sragen, Kamis (16/9/2020) sore.

Pemkab Sukoharjo Jamin Sekolah Gratis dan KIS Keluarga Kartasura Tidur Di Warung Wedangan

Selain tawarkan rusunawa, Pemkab Sukoharjo memberikan jaminan sekolah gratis bagi anak-anak keluarga yang tinggal di kolong meja wedangan Kartasura.

Bed Isolasi RS Covid-19 Solo Mulai Kosong, Sukarelawan Dibebastugaskan

Bed ruang isolasi untuk merawat pasien di RS rujukan Covid-19 Kota Solo sudah jauh menurun bahkan mulai kosong dalam beberapa hari terakhir.

BPBD Karanganyar: Waspadai Bencana Awal Musim Hujan

BPBD Karanganyar mulai melakukan sosialisasi antisipasi bencana ke masyarakat di kawasan rawan bencana alam.

115 Desa di Boyolali Gelar Vaksinasi Covid-19, Sasar 15.000 orang

Melalui pengoptimalan tim vaksinasi desa, diperkirakan vaksinasi Covid-19 di Boyolali akan selesai di tahun ini.

Pemkot Solo-Kemenperin Kerja Sama Kembangkan AK Tekstil, Gibran: Terpenting Lulusan Terserap Industri

Pemkot Solo bekerja sama dengan Kemenperin dalam pengembangan Akademi Komunitas atau AK Tekstil terutama penyerapan tenaga kerja.

Bioskop Sukoharjo Sudah Kembali Buka, Ini Syarat bagi Pengunjung

Bioskop di kawasan Solo Baru, Sukoharjo, sudah mulai buka, Kamis (16/9/2021), menyusul turunnya level PPKM dan zona risiko Covid-19.

Gibran Masuk Bursa Pilkada DKI Jakarta, Pengamat Politik Refly Harun: Cek Ombak

Pengamat politik nasional Refly Harun menyebut wacana Gibran maju sebagai cagub pada Pilkada DKI Jakarta hanya untuk cek ombak.

Angka Kesembuhan di Klaten Lebih Tinggi dari Kasus Terkonfirmasi Covid-19, Tapi...

Angka kesembuhan Covid-19 di Klaten dinilai jauh berada di atas angka terkonfirmasi Covid-19 dalam sehari, Kamis (16/9/2021).

Arisan Online Menjamur di Soloraya, Pengacara Solo Sebut ini Pemicunya

Arisan online marak di Soloraya belakangan ini dan tak sedikit yang akhirnya mbledos, uang member sulit kembali.

3 Warga Sragen Dibekuk Polisi Karanganyar Gara-gara Transaksi Sabu-Sabu

Tiga warga Sragen ditangkap aparat Satnarkoba Polres Karanganyar gara-gara transaksi narkoba jenis sabu-sabu di jalan Solo-Sragen.