SOLOPOS.COM - Asal mula Covid-19 masih menarik diteliti. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, KLATEN — Kenaikan jumlah pasien positif Covid-19 Klaten yang sembuh menunjukkan tren bagus. Dalam sepekan terakhir, Minggu-Sabtu (4-10/7/2021) ada 2.791 pasien Covid-19 yang sembuh.

Tren pasien sembuh ini diprediksi bakal terus meningkat beberapa waktu mendatang. Pada sisi lain, angka penambahan kasus baru positif Covid-19 selama pekan yang sama cenderung menurun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada Selasa (6/7/2021), ada penambahan 643 pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Kemudian pada Sabtu (10/7/2021), jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 429 orang.

Baca Juga: Tragis! Datangi 4 RS Penuh Semua, Warga Klaten Meninggal Dalam Perjalanan

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, angka pasien Covid-19 yang meninggal dunia masih tinggi selama sepekan terakhir. Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan meningkatnya jumlah pasien positif yang sembuh memberi kabar baik ihwal penanganan Covid-19 di Kabupaten Bersinar.

“Karena memang pasien isolasi mandiri terutama mereka dari hasil tes antigen hari-hari terakhir ini sudah selesai isolasi mandiri semuanya. Ini memang sudah kami perkirakan sebelumnya,” kata Ronny saat dihubungi Solopos.com, Minggu (11/7/2021).

Sebagai informasi, Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan penambahan angka kasus baru diambil berdasarkan hasil tes antigen dan tes PCR sejak Kamis (24/6/2021). Ketentuan itu diambil berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan.

Baca Juga: Dalam 10 Hari, 2 Grup FB Dengan Ratusan Ribu Member Di Soloraya Lenyap, Ada Apa Ya?

Warga Positif Hasil Tes Antigen Tetap Dihitung

Klaten termasuk kriteria B sehingga pemeriksaan rapid diagnocstic test antigen (RDT-Ag) dapat digunakan sebagai salah satu metode pemeriksaan Covid-19. Ihwal peningkatan jumlah pasien Covid-19 yang sembuh, Ronny berharap terus menunjukkan tren peningkatan.

Apalagi, mayoritas pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil tes antigen merupakan orang tanpa gejala dan menjalani isolasi mandiri.

“Saat ini mereka yang dinyatakan positif dari tes antigen lebih banyak daripada tes PCR. Selain itu, jumlah yang positif saat ini lebih banyak yang isolasi mandiri ketimbang di rumah sakit. Kami berharap mereka semua bisa sembuh dan Klaten akan panen kesembuhan hari-hari ke depan,” katanya.

Baca Juga: Beredar Kabar Eks Bupati Klaten Sri Hartini Meninggal, Ini Kata Kepala Rutan Solo

Ronny kembali mengingatkan warga yang menjalani isolasi mandiri tetap disiplin mematuhi pedoman isolasi mandiri.

Selain itu, mereka diminta untuk rutin berkomunikasi dengan dokter atau petugas puskesmas dan bidan desa guna mengabarkan kondisi kesehatan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya