SOLOPOS.COM - Ketua Gugus Tugas Penanganan dan Pengendalian Penyakit Covid-19 Klaten, Sri Mulyani, menyampaikan rilis di halaman RSD Bagas Waras Klaten terkait satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kecamatan Klaten Tengah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang, Kamis (16/4/2020) siang. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Satu orang dari dua pasien terkonfirmasi positif virus corona di Klaten dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang, Kamis (16/4/2020). Proses penyembuhan pasien yang dirawat di RSD Bagas Waras Klaten itu berlangsung hampir satu bulan.

Pasien positif corona yang dinyatakan sembuh itu adalah Triyana, 48, warga Dukuh Kalikuning, Desa Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah. Pria itu diantar pulang menggunakan ambulans RSD Bagas Waras Klaten sekitar pukul 13.30 WIB. Sebelum pulang, Triyana mendapatkan bingkisan serta kain batik khas Klaten.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pandemi Covid-19, Warga 10 Dusun di Gunturharjo Wonogiri Bergiliran Bikin Jamu

Ketua Gugus Tugas Penanganan dan Pengendalian Penyakit Covid-19 Klaten, Sri Mulyani, mengatakan kesembuhan pasien terkonfirmasi positif pertama di Klaten itu menjadi pembelajaran.

“Kesembuhan ini menjadi kabar gembira, menjadi pembelajaran untuk semuanya bahwa Covid-19 bisa sembuh. Kesembuhan ini tentunya berkat saling kerja sama dan pasien mematuhi serta disiplin. Selain itu pasien tetap tenang, santai, selalu tawakal, dan banyak berdoa,” kata Mulyani saat ditemui wartawan di RSD Bagas Waras Klaten, Kamis.

Setelah satu pasien terkonfirmasi positif asal Klaten Tengah sembuh, Mulyani mengatakan ada satu pasien positif asal Kecamatan Klaten Utara yang kini masih diisolasi di RSD Bagas Waras Klaten. Kondisi pasien itu terus membaik serta menunggu hasil pemeriksaan swab.

Denpom Solo Selidiki Keterlibatan 4 Oknum Anggota TNI Dalam Pencurian Kabel Telkom Klaten

Meski ada satu pasien dinyatakan sembuh, warga tetap diminta mematuhi protokol pencegahan persebaran Covid-19 dengan selalu mengenakan masker saat keluar rumah, rutin mencuci tangan menggunakan sabun, serta menjalankan physical distancing.

Dirawat hampir Sebulan

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan dan Pengendalian Penyakit Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan Triyana dirawat di RSD Bagas Waras Klaten sejak 21 Maret atau berada di rumah sakit selama 25 hari. Pasien itu dinyatakan positif terjangkit Covid-19 dari hasil pemeriksaan swab yang diterima pada 31 Maret lalu.

Konsultasi Kesehatan Saat Karantina di Rumah Bisa Lewat 4 Aplikasi Ini

Selama masa perawatan, pasien itu menjalani pemeriksaan swab sebanyak empat kali dan hasil pemeriksaan terakhir dipastikan negatif Covid-19. “Kebetulan orangnya sehat dan tidak ada penyakit penyerta. Selain itu, pasien kooperatif melakukan semua yang diinstruksikan dokter,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya