Kabar Bahagia! Kapolri Beri Izin Turnamen Pramusim
Pesepak bola Madura United (MU) Alberto Goncalves (kiri) melewati pesepak bola Barito Putera Kurniawan (kanan) dalam laga Liga 1 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGMRP) Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (29/2/2020). (Antara/Saiful Bahri)

Solopos.com, JAKARTA — Kerinduan publik terhadap pertandingan sepak bola Nasional bakal segera terobati. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo resmi memberikan izin turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang akan digelar 20 Maret-25 April 2021.

Turnamen tersebut menjadi ajang sepak bola perdana setelah kompetisi Nasional vakum sejak Maret 2020 karena pandemi Covid-19. Keberhasilan penyelenggaraan Piala Menpora bakal menjadi tolok ukur Polri untuk memberi izin Liga 1 2021 yang akan dihelat setelah Lebaran.

Kepastian izin turnamen pramusim diketahui setelah Kapolri bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/2/2021). Kapolri mengingatkan turnamen pramusim benar-benar menerapkan protokol kesehatan ketat agar ajang itu tak menjadi klaster penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Proyek Pintu Air Demangan Solo Tahap II Dapat Anggaran Rp71 Miliar, Untuk Apa Saja?

“Kami sepakat memberikan kesempatan izin terkait penyelenggaraan turnamen pramusim, tentu dengan catatan bahwa penegakan aturan terkait protokol kesehatan menjadi syarat utama,” ujar Listyo dilansir Detik.com, Kamis.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengaku lega kepolisian resmi memberi rekomendasi penyelenggaraan Piala Menpora. Pihaknya berkomitmen melaksanakan turnamen dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Piala Menpora sendiri diikuti 18 klub Liga 1 dan dua klub Liga 2 yang pelaksanaannya bakal digelar di empat kota termasuk Solo.

“Ada beberapa poin yang kemungkinan bakal ditegaskan polisi dalam surat rekomendasi. Misalnya, semua peserta yang terlibat harus swab test, diharapkan tidak ada penonton, semua harus bisa diakses lewat televisi dan masih banyak lagi,” imbuhnya.

Komitmen Pasoepati

Sementara itu kelompok pendukung Persis Solo, Pasoepati, berkomitmen mendukung kelancaran pelaksanaan Piala Menpora di Kota Bengawan. Wakil Presiden Pasoepati, Agus Ismiyadi, mengatakan kelompoknya berkomitmen tidak datang ke stadion maupun menggelar nonton bareng untuk mengantisipasi persebaran Covid-19.

Baca Juga: Proyek Pintu Air Demangan Solo Tahap II Dapat Anggaran Rp71 Miliar, Untuk Apa Saja?

Pada Kamis siang, Pasoepati bersama kelompok suporter lain juga telah mengikuti pertemuan virtual dengan Menpora dan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, terkait kampanye menonton bola dari rumah saja. PT LIB sendiri berjanji akan menyiarkan seluruh laga pramusim.

“Kalau DPP Pasoepati komitmennya sudah jelas, kami tak akan ke stadion. Kami mendorong anggota untuk memanfaatkan live streaming atau aplikasi lain sehingga bisa menyimak laga di rumah masing-masing,” ujarnya kepada Solopos.com.



Berita Terkini Lainnya








Kolom